Filipina vs Indonesia, Tak Ada Sejarahnya Kalah

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5Star.com, Indonesia – Laga Filipina vs Indonesia boleh dibilang bisa jadi jaminan tiga poin bagi skuat Garuda Muda jelang bersua di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022) sore WIB. Sebab sepanjang bertemu di SEA Games, Indonesia tak pernah kalah dari Filipina.

Seperti diketahui, pertandingan nanti boleh dibilang amat penting bagi kedua kesebelasan. Filipina saat ini memang berada di peringkat kedua tapi sudah memainkan tiga laga dengan raih empat poin. Lawan Indonesia jadi partai terakhir mereka dan jelas harus dimenangkan bila ingin ke semifinal.

Filipina vs Indonesia, Tak Ada Sejarahnya Kalah
zingnews.vn
- Advertisement -

Kendati begitu, timnas U-23 Indonesia pun jelas tak mau tercelat lagi. Garuda Muda juga wajib menang dalam dua laga terakhirnya, termasuk kontra Filipina bila masih bermimpi raih medali emas SEA Games 2021. Andai kalah lagi, jelas semifinal bisa jadi cuma mimpi buat Indonesia.

Nah, menariknya partai Filipina vs Indonesia di Stadion Viet Tri nanti bukan kali pertama kedua kesebelasan bersua di SEA Games. Kedua kesebelasan sudah 8 kali bertemu pada ajang multievent tersebut sejak 1977. Meski memang, sejak SEA Games menerapkan aturan pemain U-23, Indonesia baru dua kali ketemu Filipina.

Filipina vs Indonesia, Tak Ada Sejarahnya Kalah
Dok. Antara
- Advertisement -

Sepanjang sejarahnya Filipina vs Indonesia di SEA Games, skuat Garuda tak pernah kalah. Bahkan, Indonesia nyaris selalu menang dengan raih 7 kemenangan dan sekali imbang. Satu-satunya kesuksesan Filipina tahan Indonesia terjadi pada SEA Games 1977, alias kala pertama kali bertemu.

Kemenangan terbesr Indonesia atas Filipina terjadi pada SEA Games 1989. Kedua tim saat itu bersua di Grup B dan Indonesia menang berkat dua gol Hanafing, I Made Pasek Wijaya, Ricky Yacobi, dan Mustaqim yang cuma dibalas satu oleh Filipina via Rodolfo Alicante.

Filipina vs Indonesia, Tak Ada Sejarahnya Kalah
Dok. PSSI
- Advertisement -

Skuat Garuda juga impresif dalam tiga laga Filipina vs Indonesia terakhir di SEA Games. Mereka selalu menang tanpa kejebolan. Total, dari 8 pertemuan di SEA Games, Indonesia mencetak 20 gol dan hanya kebobolan empat gol

Berikut Rekor Pertemuan Filipina vs Indonesia di SEA Games:

SEA Games 1977: Filipina 1-1 Indonesia
SEA Games 1981: Indonesia 2-0 Filipina
SEA Games 1989: Indonesia 5-1 Filipina
SEA Games 1991: Filipina 1-2 Indonesia
SEA Games 1993: Indonesia 3-1 Filipina
SEA Games 1997: Indonesia 2-0 Filipina
SEA Games 2015: Indonesia 2-0 Filipina
SEA Games 2017: Indonesia 3-0 Filipina

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img