Flora Tallinn, Wakil Estonia Pertama yang Menang di Eropa

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Flora Tallinn meraih kemenangan pertama di Europa Conference League. Menjamu raksasa Serbia, Partizan Belgrade, Jumat (26/11/2021) dinihari WIB mereka menang 1-0.

Gol semata wayang Flora dicetak Martin Miller pada menit ke-44. Umpan lambung Marco Lukka diteruskan Miller melalui sundulan kepala.

- Advertisement -

Sampai laga berakhir skor 1-0 tetap bertahan. Hasil ini sekaligus membuat wakil Estonia naik ke posisi ketiga Grup B dengan lima poin.

flora tallinn
@fcflora_tallinn

Bagi Flora, kemenangan ini sejarah. Dan musim ini mereka telah membuat dua sejarah sekaligus.

- Advertisement -

Flora Tallinn adalah klub pertama Estonia yang menembus kompetisi Eropa. Pada musim debut mereka sukses meraih kemenangan pertama dalam sejarahnya di Eropa.

Baru menapaki Eropa, Flora ternyata klub terpandang di Estonia. Sudah berdiri sejak 31 tahun lalu, klub ibu kota merupakan pemegang gelar terbanyak Premium Liga, kasta tertinggi Liga Estonia.

flora tallinn
err
- Advertisement -

Klub ibu kota telah memenangkan 12 Premium Liga. Selain itu delapan Piala Estonia dan 11 Piala Super Estonia juga menegaskan status Flora sebagai tim besar.

Flora Tallinn Raja Estonia, Selalu Gagal ke Eropa

Walau merajai domestik, cerita klub yang pernah diperkuat Ragnar Klavan tak pernah terdengar di Eropa. Maklum saja, wakil-wakil Estonia bisa dibilang masih tiga tingkat di bawah negara mapan seperti Inggris, Italia, Jerman, Spanyol, Prancis, Portugal, maupun Belanda.

Sering juara, Flora selalu ambil bagian di babak kualifikasi Liga Champions maupun Liga Europa. Sayang, mereka tak pernah sampai babak utama.

flora tallinn
fontsinuse

Capaian terbaik adalah menembus babak kedua kualifikasi Liga Champions musim ini. Tapi apa daya Legia Warsawa membuyarkan mimpi wakil Estonia.

Turun ke kualifikasi Liga Europa juga tidak membuahkan hasil. Kali ini laju mereka dihentikan klub Siprus, Omonia Nikosia dengan agregat 4-5.

Seperti halnya NS Mura, Flora Tallinn diuntungkan dengan Europa Conference League. Sebab kegagal di Liga Europa membawa mereka ke kompetisi kasta ketiga Eropa.

flora tallinn

Pada babak play off Rauno Sappinen dkk menyingkirkan raksasa Irlandia, Shamrock Rovers dengan agregat 5-2.

Saat ini Flora sedang merajut mimpi lebih tinggi. Yakni lolos ke fase knockout Europa Conference League. Peluang masih terbuka walau terbilang kecil.

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, klub asuhan Juergen Henn harus mengalahkan Genk. Namun, kemenangan bisa terasa sia-sia andai di tempat lain Partizan juga menang atas Anorthosis Famagusta.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img