Gareth Southgate Bawa Inggris Lampaui Rekor 55 Tahun Silam

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah catatan bersejarah ditorehkan timnas Inggris saat menggasak Andorra 5-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Minggu (10/10/2021) dini hari WIB. Tim asuhan Gareth Southgate melampaui sebuah rekor yang telah bertahan lebih dari setengah abad, tepatnya 55 tahun.

Tak kebobolan saat lawan Andorra membuat Inggris membukukan 12 clean sheet sepanjang 2021. Itu melewati rekor clean sheet yang dibuat pada 1966. Ketika itu, tim asuhan Sir Alf Ramsey tak kebobolan dalam 11 dari 17 pertandingan. Sebanyak 4 clean sheet di antaranya dibuat pada empat laga awal Piala Dunia 1966.

Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate sudah membukukan 12 clean sheet sepanjang 2021.
Getty Images
- Advertisement -

Jika dibandingkan, tim asuhan Southgate lebih baik dari tim arahan Ramsey. Pasalnya, Harry Kane dkk. membukukan 12 clean sheet dalam 16 pertandingan. Mereka pun masih bisa memperpanjang rekor itu karena masih ada 3 laga yang akan dilakoni pada sisa tahun ini.

Meskipun demikian, tim asuhan Southgate terbantu juga oleh beberapa lawan dengan kualitas jauh di bawah mereka. Sebut saja San Marino dan Andorra pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Lawan-lawan seperti ini tak dihadapi The Three Lions saat ditangani Ramsey pada 1966.

Gareth Southgate Gagal Juara

Selain itu, ada satu hal penting yang jadi pembeda dan membuat anak-anak asuh Gareth Southgate tak jemawa. Mereka tak bisa mengklaim sebagai timnas Inggris terbaik sepanjang sejarah karena gagal meraih gelar juara. Pada Piala Eropa 2020 lalu, Kane cs. harus gigit jari.

Tampil luar biasa dengan clean sheet pada 5 laga beruntun dan hanya kebobolan 2 gol sepanjang turnamen, Inggris gagal menjadi yang terbaik. Pada final, The Three Lions kalah adu penalti 2-3 dari Italia setelah imbang 1-1 selama 120 menit. Padahal, euforia football is coming home sudah begitu gempita.

Timnas Inggris juara Piala Dunia 1966 saat membukukan 11 clean sheet sepanjang tahun.
Getty Images

Beda halnya dengan tim asuhan Ramsey pada 1966. Berbekal clean sheet pada 3 laga fase grup dan perempat final, mereka lantas juara dengan mengalahkan Jerman Barat 4-2 pada partai puncak. Meskipun laga final diwarnai gol kontroversial Sir Geoff Hurst, tetap saja raihan gelar jadi pembeda signifikan.

Mengakhiri puasa gelar akan terus jadi misi utama Gareth Southgate di timnas Inggris. Berbekal performa hebat sepanjang babak kualifikasi, kesempatan terbuka bagi mereka untuk merebut gelar di Piala Dunia 2022. Pada gelaran di Qatar nanti, The Three Lions dipastikan jadi salah satu tim favorit juara.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img