Menangi Play-off, Girona Berhasil Promosi ke LaLiga

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Girona FC berhasil promosi ke LaLiga musim 2022-23 setelah memenangkan babak final play-off melawan Tenerife, (20/6/22). Ini kedua kalinya tim asal Catalan itu promosi ke kasta tertinggi Liga Spanyol.

Di saat mayoritas kompetisi Eropa musim 2021-22 sudah selesai, tidak dengan Segunda Division. Sepanjang Juni, peringkat ke-3 sampai ke-6 akan melanjutkan musim di babak play-off degan sistem dua leg.

Susul Almeria dan Real Valladolid, Girona FC Promosi ke LaLiga 3 (@GironaFC)
@GironaFC
- Advertisement -

Promosinya Girona bisa dibilang cukup mengejutkan. Bagaimana tidak, pasukan pelatih Michel Sanchez nyaris gagal masuk babak play-off setelah finis di posisi ke-6 dengan 68 poin, dan hanya unggul head-to-head dengan Oviedo di posisi ke-7.

Namun pada babak semifinal, mereka berhasil mengalahkan peringkat ke-3 Eibar dengan aggregat 2-1 dan butuh waktu tambahan untuk bisa menang.

- Advertisement -

Kekalahan ini cukup tragis untuk Eibar, karena di musim reguler, Eibar hanya berada satu poin di bawah Almeria dan Real Valladolid yang langsung promosi ke LaLiga.

Pada babak final, Girona bertemu Tenerife yang berhasil mengalahkan Las Palmas 3-1.

- Advertisement -

Leg pertama, Blanquivermelis ditahan 0-0 di kandangnya sendiri dan membuat Tenerife diunggulkan pada leg kedua. Tapi, pada leg kedua, Girona berhasil tampil efektif di markas Tenerife dan mengalahkan mereka dengan skor 3-1.

Catatan Statistik dan Rekor Girona FC

Susul Almeria dan Real Valladolid, Girona FC Promosi ke LaLiga 2 (@GironaFC)
@GironaFC

Ini adalah kedua kalinya dalam sejarah Girona berhasil promosi ke kompetisi teratas setelah sebelumnya mereka melakukan untuk pertama kalinya pada 2017.

Girona terdegradasi pada 2019 dan selalu masuk ke babak play-off Segunda Division setelah itu, tapi selalu kandas sebelum akhirnya berhasil di percobaan ketiga musim ini.

Untuk sang pelatih Michel Sanchez, akun Twitter resmi LaLiga langsung menjulukinya ‘Mr. Promotion‘ setelah membawa Girona promosi.

Michel menjadi pelatih pertama dalam sejarah Spanyol yang berhasil promosi ke LaLiga dengan tiga tim yang berbeda, Girona (2022), Huesca (2020), dan Rayo Vallecano (2018).

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img