Gong Oh-kyun Tiru Pola Shin Tae-yong di Timnas U-23 Vietnam

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Gong Oh-kyun, pelatih timnas U-23 Vietnam, tak mau mengikuti gaya main yang diusung pendahulunya, Park Hang-seo. Dia ingin The Young Golden Star Warriors tampil lebih ofensif dengan kecenderungan meniru pola yang dipakai Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

Di bawah asuhan Park Hang-seo, Vietnam cenderung memakai pola 3 bek tengah dengan dua wingback eksplosif untuk membantu serangan. Pada gelaran SEA Games XXXI, pos di kedua sayap itu ditempati Le Van Do dan Le Van Xuan. Adapun di timnas Vietnam, andalannya adalah Nguyen Trong Hoang dan Doan Van Hau.

Timnas U-23 Vietnam diyakini Gong Oh-kyun bisa memainkan pola 4-3-3 dengan baik.
vff.org.vn
- Advertisement -

Akan tetapi, Coach Gong tak mau meneruskannya. Hal itu terlihat pada uji tanding melawan timnas U-23 Uni Emirat Arab, Sabtu (28/5/2022). Dia menerapkan pola 4-3-3 pada laga yang berakhir kekalahan 0-3 bagi Vietnam tersebut. Pola itu pulalah yang diperkenalkan pada sesi-sesi latihan.

“Saya tak ingin membahas terlalu banyak soal strategi 4-3-3 yang saya pakai untuk timnas U-23 Vietnam. Saya menilai para pemain punya kemampuan untuk memainkan sepak bola yang komprehensif,” urai Coach Gong seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi VFF.

Gong Oh-kyun Yakin Vietnam Sukses

- Advertisement -

Kecenderungan Gong Oh-kyun mengadaptasi pola dan strategi Shin Tae-yong bisa dimaklumi. Pasalnya, dia sempat jadi asisten Coach STY dari Januari hingga Desember 2020. Ketika itu, dia mendampingi Coach STY menangani timnas U-19 dan timnas U-23 Indonesia.

Meskipun tak menuai hasil apik pada laga perdananya, Coach Gong tetap yakin Vietnam akan sukses dengan strategi yang diusungnya. “Saya yakin ini strategi yang tepat untuk timnas U-23 Vietnam. Saya harap para pemain akan tampil lebih baik pada kesempatan mendatang,” ucap dia penuh keyakinan.

Gong Oh-kyun yakin para pemain timnas U-23 Vietnam akan tampil lebih baik lagi.
vff.org.vn
- Advertisement -

Secara khusus, Coach Gong mengungkapkan keyakinan timnya tak akan terpuruk di Piala Asia U-23 2022. “Meskipun para pemain saya masih sangat muda, saya yakin pada kemampuan mereka untuk mencetak gol pada laga-laga berikut di Piala Asia U-23 2022. Saya percaya mereka akan meningkat lagi,” kata dia.

Pada fase grup Piala Asia U-23 2022, timnas U-23 Vietnam segrup dengan Korea Selatan, Malaysia, dan Thailand. Tim asuhan Gong Oh-kyun akan mengawali kiprahnya pada Kamis (2/6/2022) dengan menghadapi sang musuh bebuyutan, timnas U-23 Thailand.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img