Hasil Brasil vs Peru: Neymar Cetak Gol Lagi, Selecao Menang Lagi

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Dua laga, dua kemenangan, dua clean sheet. Begitulah timnas Brasil pada fase grup Copa America 2021. Jumat (18/6/2021) pagi WIB, laga Brasil vs Peru berakhir 4-0. Seperti saat lawan Venezuela pada laga pertama, Neymar lagi-lagi menyumbangkan satu gol.

Baru mampu melepaskan tembakan pada menit ke-10, timnas Brasil lantas membuka skor semenit kemudian. Berawal dari umpan Everton dari sisi kiri yang dibuang lewat sundulan pemain belakang Peru, bola diteruskan dengan umpan cutback oleh Gabriel Jesus. Umpan tersebut lantas diteruskan Alex Sandro dengan tendangan keras ke dalam gawang lawan.

Alex Sandro membuka skor dengan golnya pada laga Brasil vs Peru dalam lanjutan Copa America 2021.
Getty Images
- Advertisement -

Meskipun tertinggal, timnas Peru tampil tenang dengan menitikberatkan pada penguasaan bola. Peluang terbaik La Albirroja didapatkan pada menit ke-39. Menerima umpan terobosan di kotak penalti Brasil, Yoshimar Yotun melepaskan tendangan lob. Namun, bola mampu diblok para pemain di jantung pertahanan Selecao.

Hingga babak pertama usai, kedudukan tetap 1-0 bagi Brasil. Pada pengujung babak pertama, Alex Sandro punya kesempatan menggandakan kedudukan. Namun, tendangan kerasnya di tepi kotak penalti hanya melambung di atas mistar gawang Peru yang dikawal Pedro Gallese.

Wasit Batalkan Penalti

- Advertisement -

Memasuki babak kedua Brasil vs Peru, Tite coba menambah daya dobrak timnya. Dia memasukkan Richarlison dan Everon Ribeiro dengan menarik Everton dan Gabriel Barbosa. Perubahan pun terjadi pada lini depan. Gabriel Jesus bergeser menjadi ujung tombak dan posisinya di kanan diisi Everton Ribeiro.

Pada menit ke-60, petaka nyaris dituai Peru setelah Renato Tapia melakukan kontak fisik dengan Neymar di kotak penalti. Wasit Patricio Loustau langsung menunjuk titik putih. Beruntung bagi La Blanquirroja, setelah melihat tayangan VAR selama beberapa menit, Loustau berubah pikiran dan membatalkan penalti.

- Advertisement -

Akan tetapi, takdir memang menggariskan Neymar untuk mencetak gol. Menerima umpan Fred di luar kotak penalti Peru, dia berputar dan melewati satu pemain. Lalu, penyerang Paris Saint-Germain tersebut melepaskan tendangan keras ke tiang jauh tanpa mampu dihalau Gallese. Kedudukan Brasil vs Peru pun berubah jadi 2-0.

Penalti yang akan diambil Neymar pada laga Brasil vs Peru akhirnya dibatalkan wasit Patricio Loustau.
Getty Images

Peru hampir membuat gol balasan pada menit ke-78. Dari tendangan sudut, terjadi kemelut di mulut gawang Brasil. Alex Valera mendapatkan bola tepat di mulut gawang. Namun, pemain pengganti itu tak tenang sehingga tendangannya malah melambung meskipun gawang sudah melompong di depannya.

Kedudukan Brasil vs Peru hampir berubah jadi 3-0 pada menit ke-87. Berawal dari umpan Fred, Richarlison memberikan umpan datar ke mulut gawang Peru. Bola mampu disongsong Roberto Firmino, tapi masih mampu dibandung Gallese.

Dua menit kemudian, melalui skema yang sama, Selecao betul-betul mencetak gol ketiga. Kali ini, umpan silang Richarlison yang menerima bola dari sodoran Neymar mampu dicocor Everton Ribeiro ke gawang Peru. Skor Brasil vs Peru pun berubah jadi 3-0

Kedudukan itu tak bertahan lama. Pada injury time, umpan terobosan Neymar memang gagal dimaksimalkan Roberto Firmino. Namun, bola muntah disambut Richarlison. Sempat diblok Gallese, Richarlison masih mampu menyambar bola muntah dalam posisi terjatuh. Bola pun melesak mulus di gawang.

Tite Lakukan Rotasi Besar

Pada partai Brasil vs Peru dalam lanjutan fase grup Copa America 2021 ini, Tite melakukan rotasi besar-besaran. Beberapa pemain kunci diistirahatkan. Sebut saja kiper Alisson Becker, kapten Casemiro, bek tengah Marquinhos, dan striker Richarlison. Selain keempat pemain itu, dia juga tak menurunkan Lucas Paqueta, dan Renan Lodi.

Sebagai gantinya, Tite menurunkan Gabriel Barbosa dan Alex Sandro yang tampil sebagai pengganti saat Selecao menang 3-0 atas Venezuela. Selain itu, turun pula Ederson Moraes, Thiago Silva, Everton, dan Gabriel Jesus yang sama sekali tak turun pada laga pertama.

Bukan hanya itu perubahan yang dibuat Tite pada laga Brasil vs Peru. Dia juga mengubah formasi. Tak seperti biasanya, dia kini tak menggunakan formasi 4-3-3. Pelatih berumur 60 tahun itu berpaling pada pola 4-4-2. Menariknya, dia memasang Gabriel Jesus sebagai gelandang kanan, sedangkan Neymar jadi second striker di belakang Gabigol.

Bermain dengan formasi awal 4-4-2 bukan hal baru bagi timnas Brasil di bawah asuhan Tite. Pola inilah yang dipakai Tite saat Brasil menang 2-0 atas Paraguay pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 tepat sebelum Copa America 2021 bergulir. Bedanya, Tite kala itu memainkan Richarlison di sayap kiri dan Casemiro jadi duet Fred di gelandang tengah.

Susunan Pemain Brasil vs Peru

Brasil (4-4-2): 23-Edeson, 2-Danilo (13-Emerson 84), 14-Eder Militao, 3-Thiago Silva, 6-Alex Sandro (16-Renan Lodi 77), 9-Gabriel Jesus (Roberto Furmino 72), 15-Fabinho, 8-Fred, 19-Everton (11-Everton Ribeiro 46), 21-Gabriel Barbosa (7-Richarlison 46), 10-Neymar
Pelatih: Adenor Leonardo Bacchi “Tite”

Peru (4-5-1): 1-Pedro Gallese, 3-Aldo Corzo, 15-Christian Ramos, 2-Luis Abram, 16-Marcos Lopez, 13-Renato Tapia, 19-Yoshimar Yotun (23-Alexis Arias 74), 18-Sergio Pena (17-Luis Iberico 67), 10-Christian Cueva (7-Gerald Tavara 74), 9-Gianluca Lapadula (11-Alex Valera 67)
Pelatih: Ricardo Gareca

K. Kuning: Jesus 59 – Ramos 23, Yotun 44, Tavara 82
K. Merah:
Wasit: Patricio Loustau

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img