Hasil Korea Selatan vs Portugal: Drama Bahagia di Ujung Laga

BACA JUGA

Fotball5star.com Indonesia – Pertandingan matchday terakhir grup H, Korea Selatan vs Portugal, berakhir dramatis. Korsel secara luar biasa meraih kemenangan 2-1 atas Portugal di Stadion Education City, Jumat (2/12/2022) WIB, sehingga berhak melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Padahal, setelah kalah 2-3 dari Ghana pada matchday III, Korsel sudah berada di ujung tanduk. Peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sangat tipis bagi anak asuh Paulo Bento tersebut.

- Advertisement -

Bagaimana tidak, selain harus menang atas Portugal pada laga pamungkas, nasib mereka pun masih tergantung hasil pertandingan lain di grup H, Ghana vs Uruguay. Ditambah lagi, Korsel menghadapi Portugal tanpa didampingi Bento yang diganjar kartu merah akibat protes kerasnya pada akhir laga melawan Ghana.

Korea Selatan vs Portugal, Hwang Hee-Chan (1), Piala Dunia 2022 - FIFA
FIFA

Tak berhenti sampai di situ. Sinyal bahaya untuk Korsel muncul ketika Portugal sanggup mencetak gol cepat melalui Ricardo Horta pada menit ke-5. Gol dicetak dengan sepakan kaki kanan setelah menerima bola umpan silang Diogo Dalot.

- Advertisement -

Padahal, Selecao das Quinas tak menurunkan skuat terbaikya di laga ini. Pelatih Portugal, Fernando Santos, mengistirahatkan sejumlah pemain andalan seperti Bernardo Silva, Joao Felix, hingga Bruno Fernandes. Tapi, Cristiano Ronaldo, tetap diturunkan.

Setelah tertinggal lewat gol cepat, Korsel mulai terbangun dan meningkatkan tempo serangan. Son Heung-min dan kawan-kawan mulai mengambil kendali permainan dengan mengungguli penguasaan bola.

- Advertisement -

Pada menit ke-17, umpan silang Heung-min nyaris dikonversi menjadi gol melalui tandukan Cho Gue-sung. Akan tetapi, kiper Portugal Diogo Costa, masih bisa mengamankannya.

Gol balasan yang dinanti Korsel akhirnya hadir pada menit ke-27. Bola dari sepak pojok Korsel gagal dihalau dengan sempurna oleh Ronaldo, sehingga Kim Young-gwon menyambarnya dengan tembakan kaki kiri untuk menaklukkan gawang Costa.

Korea Selatan vs Portugal, Piala Dunia 2022 - FIFA
FIFA

Semangat Juang Taeguk Warriors

Pada sisa babak pertama laga Korea Selatan vs Portugal, jual-beli serangan terus dilancarkan kedua tim. Hanya saja, tak ada yang bisa menambah gol sehingga skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Pada paruh kedua, Portugal lebih dahulu mengambil inisiatif serangan. Beberapa peluang langsung mereka ciptakan pada awal babak kedua, tapi tetap belum mampu menembus barikade pertahanan Korsel yang tampil tanpa Kim Min-jae.

Meski kerap mengalami kebuntuan, Santos masih saja belum menurunkan beberapa pemain andalannya. Dia justru menarik Ronaldo yang digantikan dengan Andre Silva pada menit ke-65. Namun, Santos juga memasukkan Rafael Leao untuk menambah daya gedor.

Hingga 10 menit terakhir waktu normal babak kedua, Portugal terus menguasai permainan dan menekan pertahanan Korsel. Sebaliknya, Korsel yang kali ini didampingi asisten pelatih, Sergio Costa, hanya mengandalkan serangan balik.

Akan tetapi, justru melalui serangan balik itu Korsel akhirnya bisa membuat drama pada pengujung laga. Satu menit memasuki injury time, Taegeuk Warriors melancarkan serangan balik yang dimotori Son Heung-min.

Korea Selatan vs Portugal, Hwang Hee-Chan, Piala Dunia 2022 - FIFA
FIFA

Penyerang sayap asal klub Tottenham Hotspur itu lantas memberi umpan terukur ke arah pemain pengganti, Hwang Hee-Chan, yang langsung dituntaskan menjadi gol dengan sepakan kaki kanan. Gol itu membuat pendukung Korsel bersorak.

Pasalnya, Korsel secara dramatis menutup laga dengan kemenangan 2-1 dan berhak melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai runner-up grup H. Korsel, dengan selisih gol 4-4, unggul produktivitas dari pesaingnya, Uruguay (selisih gol 2-2), yang cuma menang 2-0 atas Ghana meski mengoleksi poin sama-sama 4.

Sementara itu, hasil Korea Selatan vs Portugal tak mengusik status pemuncak klasemen grup H dengan 6 poin. Ghana, yang sejatinya masih memiliki asa lolos, pada akhirnya harus jadi juru kunci dengan 3 poin.

Susunan Pemain Korea Selatan vs Portugal

Korea Selatan (4-3-3): 1-Kim Seung Gyu; 15-Kim Moon-hwan, 20-Kwon Kyung-won, 19-Kim Young-gwon (Hwang Ui-jo 81), 3-Kim Jin-su; 6-Hwang In-beom, 5-Jung Woo-young, 18-Lee Kang-in (Son Jun-ho 81); 10-Lee Jae-sung (Hwang Hee-chan 65), 9-Cho Gue-sung (Cho Yu-min 90), 7-Son Heung-min
Asisten Pelatih: Sergio Costa

Portugal (4-3-3): 22-Diogo Costa; 2-Diogo Dalot, 24-Antonio Silva, 3-Pepe, 20-Joao Cancelo; 16-Vitinha (William Carvalho 81), 18-Ruben Neves (Rafael Leao 65), 23-Matheus Nunes (Joao Palhinha 65); 21-Ricardo Horta, 7-Cristiano Ronaldo (Andre Silva 65), 17-Joao Mario (Bernardo Silva 81)
Pelatih: Fernando Santos

Kartu kuning: Lee Kang-in 36′, Hwang Hee-chan 90+1′ (Korsel)
Wasit: Facundo Tello (Argentina)
Venue: Education City Stadium

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img