Hasil Vietnam vs Kamboja: Anak Asuh Park Hang-seo Lolos di Bawah Indonesia

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Empat gol lahir pada laga Vietnam vs Kamboja di grup B Piala AFF, Minggu (19/12/2021). Meski menang 4-0, timnas Vietnam hanya lolos sebagai runner-up grup B, di bawah Indonesia, dan akan menantang Thailand pada babak semifinal.

- Advertisement -

Vietnam yang langsung menekan sejak awal, sudah mendapatkan gol pertama ketika laga berumur tiga menit. Menerima umpan terobosan dari Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh yang lolos dari jebakan offside tinggal berhadapan dengan kiper Kamboja, Kimhuy Hul, dan langsung menceploskan bola ke gawang dengan sepakan kaki kanan.

Vietnam vs Kamboja Piala AFF 2020 - Thanhnien
Thanhnien

Unggul cepat tak membuat The Golden Stars mengendurkan tekanan. Pada menit ke-27, anak asuh Park Hang-seo tersebut mampu menggandakan skor kembali melalui Nguyen Tien Linh. Kali ini, Tien Linh yang menerima sodoran Nguyen Hoang Duc, langsung menembakkan bola dari luar kotak penalti yang tak bisa diantisipasi kiper Kimhuy Hul.

- Advertisement -

Vietnam sebenarnya punya kesempatan mencetak lebih dari dua gol pada babak pertama. Hanya saja, sejumlah peluang emas lain melalui Nguyen Quang Hai dan Que Ngoc Hai di muka gawang masih bisa digagalkan kiper dan barisan belakang Kamboja.

Sampai babak pertama usai, hanya dua gol Tien Linh yang menjadi pembeda laga Vietnam vs Kamboja. Menariknya, meski tertinggal dua gol, Kamboja lebih dominan dalam hal penguasaan bola hingga 57 persen. Meski begitu, Vietnam bisa melepas 9 tembakan berbanding 5 dari Kamboja.

Vietnam vs Kamboja Piala AFF 2020 - Zingnews
Zingnews

Dua Gol Kembali Lahir pada Babak Kedua Vietnam vs Kamboja

- Advertisement -

Memasuki babak kedua, timnas Vietnam semakin meningkatkan tempo serangan. Kiper Kimhuy Hul sudah dipaksa berjibaku mempertahankan gawangnya sejak menit-menit awal babak kedua.

Serangan bergelombang Vietnam akhirnya membuat pertahanan Kamboja goyah. Pada menit ke-55, gol ketiga berhasil dicetak Vietnam melalui sundulan Bùi Tien Dung yang menyambar umpan silang Ho Tan Tài.

Bahkan, dua menit setelahnya gawang Kamboja harus bobol untuk keempat kalinya. Proses gol berawal dari kesalahan penguasaan bola pemain Kamboja yang berhasil direbut lawan. Nguyen Hoàng Duc langsung mengirim umpan terobosan ke dalam kotak penalti yang disambar Nguyen Quang Hai menjadi gol dengan sepakan kaki kiri.

Vietnam vs Kamboja Piala AFF 2020 - Zingnews 2
Zingnews

Kamboja sebenarnya punya satu peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-65. Akan tetapi, bola sepakan kaki kanan Sieng Changthea dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Vietnam, Bui Tan Truong.

Sampai pertandingan berakhir, Kamboja tak mampu mencetak satu pun gol hiburan. Sementara, Vietnam juga gagal menambah keunggulan sehngga harus puas hanya menang 4-0 atas Kamboja.

Hasil ini mebuat timnas Vietnam hanya lolos sebagai runner-up grup B Piala AFF 2020 di bawah Indonesia. Pasalnya, Indonesia unggul produktivitas gol dibanding The Golden Stars. Pada babak semifinal, anak asuh Park Hang-seo akan menghadapi juara grup A, Thailand.

Susunan Pemain Vietnam vs Kamboja

VIETNAM (3-4-3): 1-Bui Tan Truong; 2-Do Duy Manh, 3-Que
Ngoc Hai, 4-Bui Tien Dung I; 22-Nguyen Tuen Linh, 14-Nguyen Hoang Duc (11-Nguyen Tuan Anh 79), 13-Ho Tan Tai, 7-Nguyen Phong Hong Duy; 19-Nguyen Quang Hai (18-Hà Duc Chinh 86), 10-Nguyen Cong Puong, 20-Phan Van Duc (9-Nguyen Van Toàn I 66)
Pelatih: Park Hang-seo

KAMBOJA (4-3-3): 22-Kimhuy Hul; 2-Ken Chansopheak, 6-Sambath Tes (23-Sor Rotana 78), 15-Yue Safy, 4-Saret Krya (27-Leng Nora 59); 8-Orn Chanpolin (28-Sin Sovannmakara 69), 24-Choun Chanchav, 13-Min Ratanak (16-Chrerng Polroth 59); 9-Sieng Changthea, 11-Chan Vathanaka (29-Sa Ty 69), 17-Lim Pisoth
Pelatih: Ryu Hirose

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img