Nostalgia Hari Ini: Hat-trick Faustino Asprilla Bungkam Barcelona

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Faustino Asprilla adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Kolombia. Di era 90-an, nama Faustino Asprilla sangat familiar bagi pencinta Liga Inggris dan Serie A.

- Advertisement -

Pemain kelahiran Tulua, Kolombia pada 10 November 1969 mulai dikenal publik sepak bola Eropa saat berkarier bersama klub Serie A, Parma dari musim 1992 hingga 1996. Talenta Asprilla mulai diendus klub-klub Eropa setelah menjadi pemain haus gol di klub Atlético Nacional.

Nostalgia Hari Ini: Hat-trick Faustino Asprilla Bungkam Barcelona

Di pentas Serie A, aksi Asprilla membungkam banyak pengkritik dirinya. Ia menorehkan sejumlah catatan fantastis, seperti menjadi pemain yang menghentikan rekor tak terkalahkan AC Milan selama 58 pertandingan terakhir.

Sukses di Parma dengan mempersembahkan gelar Eropa pertamanya, Piala Winners 1992-93, Faustino Asprilla pindah ke Newcastle United pada 1996 yang saat itu dilatih oleh Kevin Keegan.

Di musim pertamanya, Asprilla hanya mampu mencetak 3 gol. Di musim keduanya, catatan golnya hanya bertambah satu gol. Di musim terakhirnya, musim 1997-98, Asprilla mencetak catatan fantastis dengan torehan hat-trick ke gawang Barcelona pada babak fase grup Liga Champions.

Nostalgia Hari Ini: Hat-trick Faustino Asprilla Bungkam Barcelona

Faustino Asprilla Bungkam Anak Asuh Louis van Gaal

Tepat hari ini, 17 September 1997, Asprilla jadi momok bagi pertahanan Barcelona yang saat itu melawat ke Stadion St James Park di pertandingan fase grup C Liga Champions.

Barcelona saat itu dilatih oleh Louis van Gaal. Pelatih asal Belanda itu awalnya cukup yakin bisa mengalahkan tim tuan rumah yang berstatus debutan di Liga Champions.

Skuat Barca pun diisi oleh pemain top seperti Rivaldo, Sonny Anderson, Luis Enrique, Luis Figo hingga Ivan De la Pena. Laga yang disaksikan oleh 35.274 penonton itu ternyata malah menjadi panggung untuk Asprilla.

Nostalgia Hari Ini: Hat-trick Faustino Asprilla Bungkam Barcelona

Dalam rentang waktu hanya 29 menit, Faustino Asprilla mampu membobol gawang Barcelona sebanyak tiga kali. Pertama pada menit ke-22 lewat eksekusi penalti. Wasit Pierluigi Collina yang memimpin pertandingan memberikan penalti setelah kiper Ruud Hesp menghentikan pergerakan Asprilla di kotak terlarang.

Tino begitu julukan penggemar Newcastle United yang menjadi algojo sukses menaklukan Hesp. Menit ke-31, umpan crossing Keith Gillespie sukses disundul Asprilla dan membawa The Magpies unggul 2-0.

Gol ketiga Tino tercipta lewat skema sama seperti gol kedua. Umpan crossing Gillespie sukses dimaksimalkan Tino lewat sundulan. Laga kedua tim sendiri berakhir dengan skor 3-2 setelah Enrique dan Figo mencetak gol ke gawang Shay Given.

Yang menarik, kedua tim di akhir babak fase grup Liga Champions musim itu gagal lolos ke fase knock out setelah hanya menduduki peringkat ketiga dan keempat.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img