India Terbebas dari Sanksi FIFA, Vietnam Berbunga-bunga

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Asosiasi Sepak Bola India (AIFF) akhirnya bisa bernapas lega. Duahari lalu, Sabtu (27/8/2022), FIFA secara resmi mengumumkan pencabutan sanksi yang dijatuhkan kepada mereka karena adanya campur tangan pihak ketiga. Secara total, AIFF hanya mengalami pembekuan status selama 12 hari.

Dalam keterangan resminya, FIFA menyebutkan Biro Dewan FIFA telah memutuskan untuk mencabut sanksi yang diberlakukan kepada AIFF karena satu hal. Itu adalah konfirmasi pemutusan mandat komite administrator yang dibentuk untuk mengambil alih kepemimpinan AIFF.

Induk organisasi sepak bola India sempat dibekukan FIFA karena campur tangan pihak ketiga.
the-aiff.com
- Advertisement -

Pencabutan itu membuat India bisa kembali berkiprah di pentas internasional. Timnas India dan klub-klub negeri itu pun bisa kembali berlaga di ajang-ajang internasional. Secara khusus, FIFA memastikan negeri anak benua itu akan tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita U-17 pada 11-30 Oktober mendatang.

Di samping itu, Sunil Chhetri dkk. juga akan bisa menjalani pertandingan pada FIFA matchday periode September. Hal ini disambut baik oleh Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Pasalnya, itu membuat mereka tak perlu mencari lawan baru untuk berlaga di turnamen tiga negara pada bulan depan.

Nasib sepak bola India sempat tak menentu karena sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada AIFF.
the-aiff.com

Vietnam Sabar Nantikan India

- Advertisement -

Begitu FIFA mencabut sanksi terhadap AIFF, VFF langsung memastikan India akan tetap berpartisipasi pada turnamen tiga negara dengan Vietnam dan Singapura. Pada turnamen ini, ketiga tim akan saling berhadapan dan tim dengan oin tertinggi akan dinyatakan sebagai juara.

Vietnam memang tak buru-buru mencari pengganti ketika AIFF dijatuhi sanksi oleh FIFA. Meskipun tetap mengambil langkah antisipasi dengan menghubungi beberapa negara lain, VFF terus menjalin komunikasi dengan AIFF. Dari komunikasi itu, mereka mendapat kepastian bahwa kisruh di AIFF akan beres pada akhir Agustus.

Park Hang-seo akan mengumpulkan para pemain timnas Vietnam pada 17 September 2022.
Vff.org.vn
- Advertisement -

Turnamen mini yang digelar VFF akan berlangsung pada 21-27 September. Turnamen ini akan jadi ajang pemanasan bagi tim asuhan Park Hang-seo jelang perhelatan Piala AFF 2022 pada akhir tahun nanti. Menurut rencana, Do Hung Dung dkk. akan mulai dipanggil ke pemusatan latihan pada 17 September.

Park Hang-seo punya target tinggi di Piala AFF 2022 nanti. Dia ingin mengulang kejayaan seperti pada 2018 dan menghapus kekecewaan pada Piala AFF 2020. Akhir tahun lalu, The Golden Star Warriors tersisih di semifinal setelah kalah agregat 0-2 dari sang musuh bebuyutan, Thailand.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img