Indonesia vs Malaysia di Tempat Netral, Siapa Lebih Unggul?

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Indonesia vs Malaysia di pertandingan terakhir babak fase grup B Piala AFF 2020 menjadi penentu bagi kedua tim untuk bisa lolos ke babak semifinal.

- Advertisement -

Laga yang berlangsung di National Stadium, Singapura ini menjadi kali pertama untuk kedua tim bermain di tempat netral setelah 22 tahun lalu.

Catatan Indonesia vs Malaysia di Tempat Netral, Siapa Lebih Unggul?
Facebook Arena Jakarta

Pertemuan terakhir Indonesia vs Malaysia di tempat netral terakhir terjadi pada 6 Agustus 1999 dalam pertandingan babak fase grup SEA Games 1999 yang berlangsung di Brunei Darussalam.

- Advertisement -

Saat itu, Indonesia dan Malaysia tergabung di grup B bersama Singapura, Kamboja dan tuan rumah Brunei. Kedua tim bertemu di pertandingan kedua.

Di pertandingan pertama, kedua tim sama-sama hanya menang tipis. Tim Garuda menang 1-0 atas Kamboja sementara Harimau Malaya menang 2-1 atas Singapura.

- Advertisement -

Bermain di Berakas Sports Complex, Bandar Seri Begawan, tim Merah Putih yang saat itu diperkuat Bambang Pamungkas menang telak 6-0.

Indonesia vs Malaysia di Tempat Netral, Siapa Lebih Unggul?

Bepe dan Rochi Putiray sama-sama mencetak dua gol saat itu. Dua gol lainnya dicetak oleh Harianto Prasetyo dan eks gelandag PKT Bontang, Ali Sunan.

Secara head to head kedua tim saat bermain di tempat netral, tim Merah Putih pertama kali menghadapi Harimau Malaya di tempat netral ialah pada laga persahabatan yang berlangsung di Saigon, Vietnam pada 28 Oktober 1962.

Saat itu, timnas Indonesia menang 2-1. Indonesia dan Malaysia kembali bersua di tempat netral, tepatnya di Bangkok saat ajang Kings Cup 1968. Di dua laga, tim Garuda menang dua kali. Pertama menang 1-0 pada 21 November 1968 dan menang telak 6-1 pada 28 November 1968.

Selain di ajang Kings Cup, kedua negara juga beberapa kali bertemu di ajang PRESIDENTS CUP yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan. Pertemuan pertama terjadi pada 13 Mei 1971, timnas Indonesia menang 4-2.

Bahrain National Stadium juga menjadi saksi pertemuan kedua negara pada 27 September 1986. Saat itu Indonesia vs Malaysia bertemu di ajang Asian Games. Saat itu timnas menang 1-0.

Jelang Malaysia vs Indonesia, Shin Tae-yong Ingatkan Soal Mental

Sedangkan untuk venue di laga Piala AFF 2020, Stadion Nasional juga beberapa kali menjadi saksi saat kedua tim bertemu di ajang Merlion Cup. Sepertipada 17 Oktober 1982 di mana saat itu tim Merah Putih menang adu penalti 4-3.

Stadion Nasional, Singapura juga sempat menjadi mimpi buruk bagi Indonesia. Saat berjumpa Malaysia di babak semifinal Piala AFF (dulu Piala Tiger) 1996, tim Garuda kalah telak.

Menariknya dari 5 pertemuan Indonesia vs Malaysia di Stadion Nasional, 4 kali berakhir dengan hasil imbang. Termasuk pertemuan pertama kedua negara di stadion itu pada 3 Maret 1977 yang berakhir imbang tanpa gol.

Head to head Indonesia vs Malaysia di Tempat Netral

Indonesia: 14 kali menang

Malaysia: 13 kali menang

Imbang: 5 kali

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img