Ingin Latih Klub Lagi, Joachim Loew Diperingatkan Berti Vogts

BACA JUGA

gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Eks pelatih timnas Jerman, Berti Vogts, memberikan nasihat kepada Joachim Loew soal langkah setelah meninggalkan Die Mannschaft. Vogts memperingatkan, Loew tak boleh gegabah dengan begitu saja menerima tawaran menangani sebuah klub.

Beberapa hari lalu, Loew mengumumkan kepastian mundur dari posisinya sebagai pelatih timnas Jerman. Namun, itu bukan berarti dia akan pensiun. Secara tersirat, dia mengungkapkan kesiapan untuk kembali berkiprah sebagai pelatih sebuah klub.

- Advertisement -

“Karier kepelatihan saya tak akan serta-merta berakhir. Saya suka kerja sehari-hari di lapangan dan berlatih individual dengan para pemain,” kata Joachim Loew soal rencana setelah meninggalkan timnas Jerman seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Joachim Loew melatih klub untuk kali terakhir pada 2004.
Imago Images

Pernyataan itu rupanya menarik perhatian Vogts. Dia mengingatkan, kerja sebagai pelatih klub berbeda dengan pelatih timnas. Menurut pelatih yang membawa Die Mannschaft juara Piala Eropa 1996 itu, Loew harus menyesuaikan diri lagi dan itu bukan hal mudah. Ada risiko besar di sana.

“Jika ada di posisinya, saya akan langsung menolak semua tawaran dari klub,” urai Berti Vogts dalam kolomnya di laman t-online. “Jogi telah demikian lama menjadi pelatih timnas dan terbiasa dengan ritmenya. Dia tidak harus berurusan dengan stres harian sebagai pelatih di liga lagi.”

Vogts Suruh Loew Melanglang Buana

Joachim Loew disarankan Berti Vogts menikmati waktu dulu setelah meninggalkan timnas Jerman.
augsburger-allgemeine.de

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan Joachim Loew setelah meninggalkan timnas Jerman? Berti Vogts mengusulkan pelatih berumur 61 tahun melakukan sabbatical terlebih dahulu untuk membuat pikiran dan tubuhnya lebih segar.

“Jogi, sebaiknya ambillah waktu yang dibutuhkan setelah Piala Eropa. Berkeliling dunialah. Lihatlah apa yang selama ini selalu ingin dilihat. Jika kemudian jemari sudah terlalu gatal untuk kembali ke dunia sepak bola, carilah proyek menarik,” ujar Vogts lagi.

Berti Vogts pun secara gamblang mengusulkan Joachim Loew untuk melirik negara-negara yang lebih kecil dibanding Jerman di sepak bola. Dia mencontohkan Amerika Serikat atau Swiss. Menurut dia, jadi pelatih The Sam’s Army atau Der Nati akan jadi opsi yang bagus bagi eks pelatih VfB Stuttgart itu.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img