Italia Ajak Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Piala Dunia 2030 masih lama. Tapi pertarungan untuk menjadi tuan rumah sudah dimulai sejak sekarang.

- Advertisement -

Banyak negara yang berlomba-lomba jadi penyelenggara Piala Dunia 2030. Salah satunya negara yang baru saja juara Euro 2020, Italia.

Menurut laporan The Athletic, Italia tidak akan sendiri jadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Mereka mengajak Arab Saudi untuk jadi tuan rumah bersama.

arab saudi stadion thestadiumbusiness
thestadiumbusiness.com

Presiden FIGC, Gabriele Gravina mengutarakan bahwa keinginan ini merupakan lanjutan dari antusiasme negara yang baru saja juara Piala Eropa. Ia ingin semangat juara bisa menjadikan negaranya tuan rumah sembilan tahun mendatang.

Keinginan tersebut tentu masuk akal. Tapi yang menarik adalah mereka mengajak Arab Saudi sebagai tuan rumah bersama.

Perhelatan Piala Dunia sebelumnya memang pernah diadakan di dua negara. Yakni Korea Selatan dan Jepang 2002 silam. Namun, dua negara itu bertetangga.

Sedangkan Italia dan Arab Saudi berbeda benua. Satu dari Eropa dan satu lagi Asia. Bukan perkara mudah untuk mewujudkan dua negara beda benua jadi tuan rumah bersama Piala Dunia.

Terlepas dari itu, kedua negara sejatinya cukup akur di dunia sepak bola. Hal ini setidaknya bisa dilihat dari gelaran Supercoppa Italia yang sudah berlangsung di Arab Saudi beberapa tahun terakhir.

Masuknya Italia dan Arab Saudi kian menambah persaingan sengit terkait tuan rumah Piala Dunia 2030. Total ada 16 negara yang mencalonkan diri.

Italia dan Arab Saudi bukan satu-satunya yang mencalonkan sebagai tuan rumah bersama. Karena ada Inggris dan Irlandia serta Spanyol dan Portugal.

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img