Jadwal Drawing Piala AFF 2022 Diumumkan, Catat Tanggalnya!

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Hitung mundur menuju gelaran Piala AFF 2022 kian dekat. Rabu (10/8/2022), Konfederasi Sepak Bola ASEAN (AFF) telah mengumumkan secara resmi jadwal drawing atau pembagian grup untuk event akbar dua tahunan tersebut.

Seperti dirilis di laman resminya, AFF akan melakukan drawing Piala AFF 2022 pada 30 Agustus 2022. Tepatnya pada pukul 14.00 WIB. Adapun pengundian akan dilakukan di Bangkok, ibu kota Thailand. Seperti diketahui, timnas Thailand adalah juara bertahan pada gelaran nanti.

Drawing Piala AFF 2022 akan dilakukan 30 Agustus 2022.
affmitsubishielectriccup.com
- Advertisement -

“Pengumuman tanggal drawing pada hari ini adalah langkah penting dalam persiapan Piala AFF 2022. Kami yakin para fan dan semua timnas sangat punya antusiasme yang sama dengan kami. Drawing nanti akan memulai gebyar turnamen sepak bola terbesar di wilayah ini yang akan berlangsung pada akhir tahun,” urai Khiev Sameth, Presiden AFF, seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi AFF.

Seperti pada edisi sebelumnya, ada 9 tim yang memastikan berada di fase grup. Mereka adalah Thailand, Indonesia, Vietnam, Singapura, Myanmar, Malaysia, Filipina, Kamboja, dan Laos. Adapun satu empat tersisa akan diperebutkan Timor Leste dan Brunei Darussalam lewat babak kualifikasi.

Tak Ada Australia di Piala AFF 2022

- Advertisement -

Berdasarkan rincian peserta yang diungkapkan pada pengumuman tanggal drawing, dapat dipastikan tak ada timnas Australia. Sebelumnya, beredar kabar Socceroos kemungkinan ambil bagian pada gelaran tahun ini menyusul komunikasi Football Australia dengan AFF.

Sejak bergabung dengan AFF pada 2013, Australia belum pernah ambil bagian dalam turnamen Piala AFF. Mereka hanya mengikuti turnamen-turnamen di tingkat junior seperti pada Piala AFF U-16 2022 saat ini dan Piala AFF U-18 Wanita 2022 yang mereka juarai sepekan lalu.

Timnas Australia dikabarkan tertarik ikut Piala AFF 2022
Getty Images
- Advertisement -

Rumor soal kemungkinan Socceroos berpartisipasi pada Piala AFF 2022 memang agak di luar nalar. Pasalnya, tim asuhan Graham Arnold pada November-Desember nanti berjibaku di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Mustahil mereka akan mengikuti dua ajang berturut-turut dalam waktu berdekatan.

Terlepas dari hal itu, format Piala AFF 2022 akan kembali seperti pada 2018 yang tak terpusat di satu negara. Setiap tim akan melakoni 2 laga kandang pada fase grup yang berisi 5 tim. Lalu, babak semifinal dan final akan dilakukan dengan format kandang-tandang.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img