Jejak Tim Undangan pada Semifinal Piala Emas

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Qatar membuat kejutan besar pada Piala Emas 2021. Datang sebagai tim undangan, Al-Annabi mampu menembus semifinal setelah mengalahkan El Salvador pada perempat final dengan skor 3-2. Selain lolos ke semifinal Piala Emas, tim asuhan Felix Sanchez juga tampi mengesankan.

Meskipun demikian, kelolosan Qatar ke semifinal bukanlah sesuatu yang luar biasa. Tim undangan menembus 4 besar bukanlah hal baru. Sebelumnya, beberapa tim berstatus undangan juga mampu melakukan hal serupa. Bahkan, bisa dikatakan, lolos ke semifinal adalah tradisi bagi tim-tim dengan status itu.

Duel semifinal sesama tim undangan terjadi pada Piala Emas 2000 ketika Peru melawan Kolombia.
Getty Images
- Advertisement -

Sebelum Qatar pada edisi kali ini, sudah ada enam tim undangan yang meramaikan pentas Piala Emas. Mereka adalah Brasil, Kolombia, Peru, Korea Selatan, Ekuador, dan Afrika Selatan. Dari keenam tim itu, hanya Ekuador dan Afrika Selatan yang gagal menembus semifinal. Brasil malah tiga kali lolos ke babak 4 besar Piala Emas.

Lalu, bagaimana rekam jejak tim undangan saat berlaga pada semifinal? Ternyata tidak bagus. Dari empat tim, hanya Brasil dan Kolombia yang mampu lolos ke final. Dua tim lainnya, yaitu Peru dan Korsel, kandas pada babak ini. Pada Piala Emas 2000, Peru disingkirkan Kolombia, sedangkan Korsel disisihkan Kosta Rika pada 2002.

Brasil Tim Undangan Tersukses

Dari tim-tim undangan yang pernah mewarnai Piala Emas, Brasil adalah yang tersukses. Tiga kali berpartisipasi pada 1996, 1998, dan 2003, Selecao selalu mampu lolos ke semifinal. Dari tiga kesempatan itu, mereka juga dua kali lolos ke final. Hanya pada 1998 mereka gagal karena dikalahkan Amerika Serikat.

Berbeda dengan Brasil, Kolombia hanya dua kali lolos ke semifinal Piala Emas dalam tiga partisipasi. Mereka melakukannya pada 2000 dan 2005. Adapun pada 2003, Los Cafeteros tersisih pada perempat final setelah dikalahkan Brasil. Dari dua kesempatan lolos ke final, Los Cafeteros hanya melaju ke final pada 2000 dengan mengalahkan Peru.

Timnas Brasil selalu masuk semifinal Piala Emas dalam 3 kesempatan jadi tim undangan.
Getty Images

Meskipun demikian, tak satu pun dari Brasil dan Kolombia yang kemudian tampil sebagai juara. Pada Piala Emas 1996, Brasil takluk 0-2 dari Meksiko. Empat tahun berselang, Kolombia kalah dengan skor yang sama dari Kanada. Adapun Brasil pada 2003 kembali takluk dari Meksiko. Kali ini dengan skor 1-0 lewat golden goal Daniel Osorno.

Ini tentu saja jadi tantangan tersendiri bagi timnas Qatar yang lolos ke semifinal Piala Emas 2021. Mereka dituntut bisa menyamai atau bahkan melebihi jejak Brasil dan Kolombia. Namun, misi itu dipastikan sulit karena Al-Annabi harus menghadapi timnas AS yang sepanjang sejarah hanya sekali kalah pada babak 4 besar.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img