Jersey Ukraina di EURO 2020 Bikin Berang Vladimir Putin

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – Jersey Ukraina di EURO 2020 memicu kemarahan pemerintah Rusia. Hal ini lantaran pada jersey Ukraina untuk EURO 2020 tersebut menampilkan peta negara yang termasuk wilayah Krimea.

Wilayah Krimea sendiri menjadi sengketa sejak lama antar pemerintah Rusia dengan Ukraina. Pada 2014, pemerintah Vladimir Putin mencaplok wilayah tersebut dan menyebut Krimea sebagai wilayah dari Rusia. Namun aksi ini ditentang oleh PBB dan masih menganggap Krimea sebagai wilayah dari Ukraina.

Jersey Ukraina di EURO 2020 Bikin Berang Vladimir Putin
DailyMail
- Advertisement -

Seperti dikutip Football5star.com dari Daily Mail, Selasa (8/6/2021), pada akhir pekan lalu, ketua PSSI-nya Ukraina, Andriy Pavelko mengumumkan jersey Ukraina untuk EURO 2020.

Pada bagian depan jersey menunjukkan perbatasan wilayah Ukraina yang ditandai dengan garis berwarna putih. Sebuah slogan bertuliskan ‘Glory to Ukraine’ terpampang di bagian belakang jersey.

- Advertisement -

Selain slogan ‘Glory to Ukraine’, terdapat juga slogan lain yang berbunyi, ‘Glory to the heroes’. Slogan kedua ini identik dengan frasa yang sering digunakan oleh militer Ukraina.

Menurut wakil parlemen Rusia, Dmirty Svishchev, desain jersey tersebut sebagai provokasi politik. Ia pun menyebut bahwa jersey Ukraina menunjukkan peta wilayah Krimea yang menjadi bagian dari Rusia. Dan itu menurut Svishchev sebagai tindakan ilegal.

- Advertisement -

Sementara itu, juru bicara kementrian luar negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan abhwa slogan di jersey tersebut seperti seruan yang dilakukan pasukan Nazi di era Adolf Hitler.

Hingga saat ini, PSSI-nya Ukraina ataupun pemerintah Kiev masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kemarahan dari Moskow.

Ukraina yang diasuh oleh Andriy Shevchenko tergabung di grup B EURO 2020 dan akan memainkan pertandingan pertamanya melawam Belanda pada 13 Juni di Amsterdam.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img