Pelatih Ansan Greeners Akan Jadikan Asnawi Mangkualam Penyerang

Football5star.com Indonesia – Pelatih baru Ansan Greeners, Jo Min-guk, agaknya sudah punya rencana berani untuk Asnawi Mangkualam. Dia bahkan mengisyaratkan siap memasang Asnawi sebagai penyerang. Lebih spesifiknya sebagai penyerang lubang.

Asnawi, sejak tiba di Korea Selatan pada Februari 2021, memang beberapa kali dipasang tidak di posisi aslinya, bek kanan. Dalam 15 kali tampil bersama Ansan, dia pernah 6 kali ditempatkan sebagai gelandang kanan oleh mantan pelatih Ansan Kim Gil-sik. Bahkan, pernah pula 4 kali sebagai penyerang sayap kanan.

K League
- Advertisement -

Sementara, pemain berusia 22 tahun itu malah hanya tiga kali dimainkan menjadi bek kanan. Dalam tiga penampilannya sebagai bek kanan, Asnawi dinilai kurang maksimal. Salah satu alasannya adalah soal komunikasi di sektor pertahanan.

“Tahun lalu Asnawi dipakai sebagai bek kanan. Sambil memantau permainannya, saya memikirkan strategi apa agar dia bisa menjadi winger. Sebenarnya, posisi pemain bertahan membutuhkan komunikasi yang lebih. Kadang, ada saatnya overlap atau screenplay. Karena Asnawi tidak bisa bahasa Korea, saya lihat dia kesulitan untuk melakukannya. Jadi, kasihan,” ujar Min-guk, dikutip Football5star dari youtube Sports-G.

Jo Min-guk Sadari Potensi Besar Asnawi Mangkualam

Ansan
- Advertisement -

Min-guk, yang baru ditunjuk menukangi Ansan pada November tahun lalu, punya rencana lebih berani khusus untuk Asnawi. Selain akan sering memainkannya sebagai sayap ketimbang bek kanan, Min-guk bahkan terpikir menempatkannya di posisi penyerang lubang.

“Makannya, kalau ada kesempatan saya akan gunakan dia sebagai winger. Dia pemain kuat. Tapi saya berkata seperti ini di media, bisa saja berubah. Karena saya belum lihat dia secara langsung. Tapi yang tidak akan berubah adalah, saya akan tetap membantu Asnawi untuk menaikkan attacking point-nya. Bisa jadi winger atau malah penyerang lubang,” sebut Min-guk.

Facebook Ansan Greeners
- Advertisement -

Dua hal yang melatari niat Jo Min-guk untuk memasang Asnawi Mangkualam di posisi yang lebih menyerang. Selain potensi, dia juga berharap performa Asnawi bisa memberikan kepuasan terhadap pendukung dari Indonesia melalu sumbangan assist atau gol.

“Saya janji tak akan menggunakan dia lebih bertahan. Asnawi harus memberikan lebih banyak attacking point untuk fans Indonesia. Asnawi sudah jauh-jauh ke luar negeri, dia harus mendapatkan hasil lebih baik. Saya janji akan suport dia,” bilang Min-guk memungkasi.

- Advertisement -