Nostalgia Hari Ini: Saat John Lukic Jadi Pemain Tertua di Liga Champions

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Ingat John Lukic? Kiper legendaris bagi Leeds United dan Arsenal. Tepat hari ini, 17 Oktober, 21 tahun yang lalu, dia menjadi pemain tertua yang bermain di Liga Champions. Padahal saat itu, Lukic berstatus kiper ketiga.

- Advertisement -

Lukic merupakan pemain jebolan asli Leeds yang berhasil masuk ke tim utama pada tahun 1979 dan langsung menjadi kiper inti. Namun The Whites terdegradasi pada 1982 dan dia meminta untuk dijual.

Arsenal akhirnya memutuskan untuk merekrutnya untuk menggantikan Pat Jennings pada musim 1983-84. Tapi Lukic baru menjadi kiper utama pada musim depannya.

Nostalgia Hari Ini Saat John Lukic Jadi Pemain Tertua di Liga Champions 2 (Getty Images)
Getty Images

Setelah itu Lukic bermain di Arsenal selama 7 tahun dan mencatatkan 277 penampilan dan berhasil meraih gelar Liga Inggris, Piala Liga, dan Charity Shield.

Tapi pada 1990, pelatih George Graham membuat keputusan kontroversial setelah merekrut David Seaman dari Queens Park Rangers. Hal itu membuat Lukic pergi dari Arsenal dan kembali ke Leeds, dan keputusan itu terbukti jitu.

Lukic menjadi bagian dari generasi emas Leeds yang memenangkan Liga Inggris pada musim 1991-92. Dia menjadi kiper inti The Whites selama 6 musim di periode keduanya dengan mencatatkan 266 laga sebelum akhirnya Leeds merekrut Nigel Martyn.

Uniknya, Lukic memilih untuk kembali ke Arsenal dan menjadi kiper pelapis dari kiper yang menggantikannya, David Seaman pada 1996. Tahun berikutnya, Arsene Wenger merekrut Alex Manninger dan membuat Lukic menjadi kiper ketiga.

Debut John Lukic di Liga Champions Bersama Arsenal

Nostalgia Hari Ini Saat John Lukic Jadi Pemain Tertua di Liga Champions (Getty Images)
Getty Images

Selama menjadi kiper ketiga, Lukic benar-benar tak pernah bermain. Namun pada musim 2000-01, David Seaman dan Alex Manninger sempat mengalami cedera bersamaan dan itu membuat Lukic kembali bermain.

Dia bermain 4 kali, salah satunya pada 17 Oktober 2000, dimana dia bermain di Liga Champions melawan Lazio dan menjadi pemain tertua di Liga Champions saat itu dengan usia 39 tahun 311 hari. Laga berakhir dengan skor 1-1.

Uniknya, laga itu merupakan laga Liga Champions/European Cup pertama dan satu-satunya Lukic untuk Arsenal. Sebelumnya dia hanya pernah bermain di Liga Champions bersama Leeds.

Musim 2000-01 juga menjadi musim terakhir John Lukic sebagai pesepak bola. Dia menjadi pemain ke-4 setelah Peter Shilton, Steve Ogrizovic dan Sir Stanley Matthews yang mampu bermain di kasta tertinggi Liga Inggris dalam empat dekade yang berbeda.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img