Joko Driyono: KLB PSSI Masih Mungkin Digelar

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Ketika Edy Rahmayadi meletakkan jabatan Ketua Umum PSSI, sempat mengapung wacana pelaksanaan kongres luar biasa (KLB). Namun, hal itu tak menjadi kesepakatan dalam Kongres Tahunan PSSI yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Meskipun demikian, menurut Joko Driyono yang menjabat Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI, kongres luar biasa tetap bisa digelar kapan saja. Tentu saja, kata dia, itu harus sesuai dengan aturan yang tercantum di dalam Statuta PSSI.

- Advertisement -

“Jika memang para pemilik suara atau voters meminta KLB, maka itu harus diadakan sesuai Statuta PSSI,” ungkap Joko Driyono selepas Kongres Tahunan PSSI seperti dikutip Football5Star.com dari Antara.

Joko Driyono meneruskan tugas-tugas Ketua Umum PSSI yang sebelumnya diemban Edy Rahmayadi.
pssi.org

Menurut pria yang sempat menjadi CEO PT Liga Indoensia itu, para pemilik suara tidak secara bulat meminta kongres luar biasa pada Kongres Tahunan PSSI kali ini. Itu artinya, dialah yang kini harus meneruskan tugas Edy Rahmayadi.

- Advertisement -

“Saya memiliki tugas meneruskan kekosongan kepemimpinan ini sampai kongres berikutnya. Seandainya dalam periode itu ada permintaan KLB, tentu itu akan dijalankan,” sambung Joko Driyono.

Secara nyata, ada beberapa pemilik suara yang mendukung pengajuan kongres luar biasa untuk pemilihan Ketua Umum PSSI yang baru pada Kongres Tahunan PSSI tersebut. Di antaranya adalah Asosiasi Provinsi DKI Jakarta, Persib Bandung, Persik Kediri, dan Madura FC. Namun, jumlahnya tak sesuai tuntutan Statuta PSSI.

- Advertisement -

Berdasarkan Pasal 30 Ayat 2 Statuta PSSI, Komite Eksekutif harus mengadakan KLB jika 50% anggota PSSI atau 2/3 dari jumlah delegasi kongres mengajukan permohonan tertulis. Andai jumlah tersebut terpenuhi, KLB akan digelar tiga bulan setelah permintaan tertulis disampaikan.

Dalam pasal tersebut juga dinyatakan, penyelenggaraan KLB bisa dilakukan secara mandiri andai Komite Eksekutif tak melaksanakannya. Bahkan, anggota PSSI dapat mengajukan bantuan kepada FIFA untuk melangsungkannya. Tentu saja, itu hanya dapat dijalankan andai persyaratan sesuai Pasal 30 Ayat 2 terpenuhi.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img