Pemain Muda Odense Tersanjung Dipercaya Bela Thailand di Piala AFF 2020

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Thailand sudah resmi mengumumkan 30 pemain yang masuk skuat untuk Piala AFF 2020 di Singapura pada bulan depan. Di antara sekian banyak muka lama yang dipanggil oleh pelatih Alexandre Polking terselip beberapa muka baru. Salah satunya adalah Jonathan Khemdee yang main untuk Odense BK di Liga Denmark.

Khemde adalah kejutan tersendiri di skuat Changsuek. Selain jadi yang termuda dengan umur 19 tahun, dia juga belum lama melakukan debut di timnas U-23. Bek bertinggi 1,9 meter itu menjalani laga perdananya pada 25 Oktober lalu ketika Changsuek muda imbang 1-1 dengan Mongolia.

Jonathan Khemdee kaget dan bangga dipanggil ke timnas Thailand untuk Piala AFF 2020.
od.bk
- Advertisement -

Tentu saja Khemdee tak mengira masuk timnas Thailand untuk Piala AFF 2020. Bukan apa-apa, ada begitu banyak pemain yang dipantau Mano Polking. Pelatih blasteran Jerman-Brasil itu mengaku punya daftar 70 pemain sebelum akhirnya menentukan 30 pemain untuk berangkat ke Singapura.

“Terpilih masuk timnas Thailand adalah hal luar biasa bagiku. Aku baru berumur 19 tahun dan sekarang jadi pemain timnas senior. Ini sangat berarti bagi aku dan keluargaku,” urai Jonathan Khemdee seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Odense BK.

Lebih lanjut, pemain kelahiran Surin, kota yang terletak 431 km di sebelah timur laut Bangkok itu mengungkapkan, “Ketika kukatakan hal ini kepada ibuku, dia tak percaya dan lantas menyeka air matanya. Thailand adalah tempat kelahiranku. Jadi, ini sangat menyenangkan dan aku sangat menantikannya.”

Jonathan Khemdee Sejak Awal di Denmark

Meskipun lahir di Thailand, Jonathan Khemdee sepenuhnya menimba ilmu sepak bola di Denmark. Sebelum bergabung dengan tim junior Odense, dia memulai kiprahnya di Svendborg fB dan Skarup IF. Bersama Odense, dia terus menunjukkan perkembangan hingga akhirnya mampu menembus tim utama.

Andai nanti diberi kesempatan bermain oleh Alexandre Polking, 2021 akan jadi tahun yang tak akan dilupakan oleh Khemdee. Pasalnya, dalam rentang 6 bulan, dia melakukan debut profesional bersama Odense, lalu debut di timnas U-23 dan timnas Thailand.

Jadi bagian timnas Thailand, Jonathan Khemdee juga punya optimisme tinggi menatap persaingan ketat di Piala AFF 2020. Dia yakin Changsuek di bawah arahan Mano Polking bisa berbicara banyak dan mengulang prestasi apik seperti pada 2014 dan 2016.

Jonathan Khemdee sudah menjalani debut profesional bersama Odense BK di Piala Denmark.
Getty Images

“Ini adalah turnamen besar yang digelar setiap 2 tahun dan Thailand punya tradisi membanggakan. Kami punya peluang bagus untuk bermain baik di turnamen kali ini. Dua tahun lalu, kami kalah dari Malaysia di semifinal, tapi aku sangat yakin kami bisa juara pada tahun ini,” ucap Khemdee.

Di Piala AFF 2020, timnas Thailand tergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan sang tuan rumah, Singapura. Meskipun termasuk muka baru, Jonathan Khemdee punya kans untuk dipercaya bermain karena Polking diprediksi akan melakukan rotasi demi menjaga kondisi fisik para pemain.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img