Jordi Amat, Eks Anak Asuh Pochettino yang Miliki Darah Indonesia

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Jordi Amat, mantan bek Swansea dan Espanyol mengaku memiliki darah Indonesia. Pemain 29 tahun yang saat ini bermain di Liga Belgia bersama Eupen tersebut bahkan mengaku memiliki garis keturunan Raja Siau di Sulawesi Utara.

- Advertisement -

Pengakuan Jordi Amat ini diutarakannya kepada Marco Negeri dari Goal seperti dikutip Football5star.com, Jumat (22/10/2021). Diceritakan oleh Jordi Amat, neneknya memang dilahirkan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Mantan Bek Andalan Espanyol dan Swansea City, Jordi Amat, Timnas Indonesia, Wayne Rooney - Zimbio
Zimbio

“Nenek saya dilahirkan di Makassar, Sulawesi dan merupakan sosok penting yang mendukung saya dalam karier sepakbola selama ini. Ibu dari nenek saya berasal dari Siau, dan ayahnya, yang tak lain moyang saya, adalah M.D. Kansil berasal dari Banda Neira, Maluku,” ucap Jordi.

M.D. Kansil ialah Raja Siau yang memerintah pada periode 1895 hingga 1909. Dari perbagai sumber disebutkan Manalang Doelag Kansil alias M.D. Kansil menikah Rachel Doali dan melahirkan Mathias Salele Kansil. Sedangkan dari istri keduanya, Abigael Ponto, M.D. Kansil memiliki anak bernama Lodewijk Kansil.

“Semenjak kecil, nenek saya sering menceritakan kepada saya tentang moyang saya yang merupakan Raja Siau yang ke-17, dan kisah-kisah tersebut telah membangunkan lagi naluri ingin tahu saya tentang Indonesia,” jelas Jordi Amat.

Mantan Bek Andalan Espanyol dan Swansea City, Jordi Amat, Timnas Indonesia, Cristiano Ronaldo - Zimbio
Zimbio

Diakui oleh Jordi Amat bahwa komunikasi antara dirinya dengan keluarga besarnya di Indonesia masih tetap terjaga, meski sampai saat ini dirinya belum pernah menginjakkan kaki ke tanah Sulawesi.

“Saya dan keluarga masih menjaga silaturahmi dengan keluarga nenek saya di Indonesia, walau pun saya sendiri belum mempunyai kesempatan seperti nenek untuk mengunjungi mereka di sana karena kesibukan saya sebagai pesepakbola, selain itu karena usaha keluarga yang membutuhkan perhatian saya di Spanyol. Namun, saya tetap menyimpan impian untuk tiba di Ulu Siau suatu hari nanti, dan meluangkan masa bersama keluarga besar saya di sana,”

Jordi Amat dan Kariernya di Liga Spanyol

Pemain bernama lengkap Jordi Amat Maas ini mengalawai karier sepak bolanya di Canet de Mar, klub kecil di kota kelahirannya. Dua tahun ia menimba ilmu sepak bola di sana dan pada 1999 hijrah ke klub Catalan lainnya, Espanyol.

Lahir sebagai orang Catalan, pada usia 7 tahun ia bergabung ke tim akademi Espanyol. Lalu pada 2009 mulai dipercaya menjadi bagian dari tim B Espanyol. Setahun kemudian ia promosi ke tim utama Espanyol.

Pada 24 Januari 2010, Jordi lakoni debut profesional di LaLiga saat Espanyol bermain melawan Real Mallorca. Pelatih Espanyol saat itu, Mauricio Pochettino cukup percaya pada penampilan Jordi.

Mantan Bek Andalan Espanyol dan Swansea City, Jordi Amat, Timnas Indonesia, David Villa - Zimbio
Zimbio

Pochettino seperti ayah bagi saya. Ada hubungan khusus. Dia merawatkku. Dia banyak berbicara dengan saya, dia berkata Anda harus melakukan ini dan itu. Sangat menyenangkan bagian dari timnya pada waktu itu,” kata Jordi Amat kepada Independent.co.uk

Pada musim pertamanya, Jordi Amat bermain sebanyak 26 pertandingan di Liga Spanyol. Namun pada musim berikutnya ia dipinjamkan ke Rayo Vallecano. Sebelum akhirnya dilepas permanen ke Swansea City.

Setelh sempat kembali ke Vallecano, Jordi Amat melanjutkan kariernya di Liga Belgia bersama Eupen.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img