Kehidupan Berbeda Jose Mourinho di AS Roma dan Inter Milan

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Jose Mourinho sedang menikmati hari-harinya sebagai pelatih AS Roma. Ini merupakan pengalaman keduanya berkarier di Italia.

- Advertisement -

Satu dekade lalu Mourinho berada di Milan untuk menukangi Inter Milan. Perbedaan pun ia rasakan saat berada di Appiano Gentile dan Trigoria.

jose mourinho
china.org

Terutama dari segi kehidupan pribadi. Melatih Inter Milan nakhoda asal Portugal harus tinggal di pinggiran kota. Sedangkan bersama AS Roma ia benar-benar tinggal di tengah kota.

“Saya sebelumnya mengunjungi Roma sebagai turis. Tapi sekarang saya menghabiskan setiap hari di tengah monumen bersejarah dan itu benar-benar istimewa. Milan adalah pengalaman berbeda karena rumah saya dan tempat latihan Inter berada jauh dari pusat kota. Jadi anak-anak saya bersekolah di Lugano,” kata sang pelatih, Jumat (8/10/2021).

jose mourinho

“Jika saya harus memilih tempat di Milan, tidak diragukan lagi itu adalah San Siro karena di sanalah kami membuat sejarah. Ini berbeda di Roma, saya tinggal di tengah kota jadi itu membantu saya menyadari betapa istimewanya klub bagi kota ini,” ia menambahkan.

Jose Mourinho Menjadi Pelatih Seutuhnya

Dalam karier kepelatihannya The Special One telah meraih banyak kesuksesan. Hanya di Tottenham Hotspur ia gagal juara. Sedangkan di tim lain seperti Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United ia sukses mengangkat trofi.

Jose Mourinho Nicolo Zaniolo Kecewa Tak Dipanggil ke Timnas Italia (RomaPress.net)
RomaPress.net

Dengan pengalaman segudang, ia masih ingin terus belajar mengikuti perkembangan sepak bola. Dan sekarang ia mengaku lebih menikmati perannya sebagai pelatih daripada sebelumnya.

“Jika pelatih tidak berkembang itu karena dia kehilangan semangat untuk terus belajar. Usia atau kebugaran fisik tidak relevan dalam profesi ini. Anda hanya bisa meningkat dengan pengalaman,” ungkapnya.

“Saya akan punya waktu untuk melihat trofi saya ketika pensiun. Tapi sekarang saya hanya ingin memikirkan pertandingan berikutnya. Saya merasa lebih seperti seorang pelatih sekarang daripada yang saya lakukan 10 atau bahkan 20 tahun yang lalu,” tutup Jose Mourinho.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img