K. Rajagopal Tantang Kim Pan-gon Lewati Prestasinya

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Kim Pan-gon, pelatih baru timnas Malaysia, mendapat tantangan dari salah satu pendahulunya, K. Rajagopal. Eks pelatih timnas Hong Kong itu ditantang untuk memberikan prestasi lebih baik dari yang diberikan pelatih yang baru saja berpisah dengan timnas Brunei Darussalam tersebut.

Sejak 2009, Rajagobal memang pelatih tersukses di timnas Malaysia. Dia membawa timnas U-23 Malaysia meraih medali emas SEA Games 2009. Lalu, tahun berikutnya, giliran Harimau Malaya yang dibawa menjuarai Piala AFF 2010. Hingga saat ini, belum ada pelatih yang mampu menyamai atau bahkan melewati prestasinya.

K. Rajagopal meraih sukses saat menangani timnas Malaysia pada 2009 hingga 2013.
Getty Images
- Advertisement -

Rajagopal mengaku selalu menantikan pelatih yang lebih sukses. Hal itu juga berlaku bagi Pan-gon yang akan menangani Harimau Malaya mulai bulan depan. Dia akan merasa sangat puas bila ada pelatih yang mampu melewati prestasinya. Pasalnya, itu menunjukkan kemajuan sepak bola Malaysia.

“Saat kontrak tak diperpanjang, saya pernah berkata, ‘Siapa saja yang menangani timnas perlu membawa tim ini ke tahap yang berbeda, lebih baik dari sebelumnya.’ Jika itu terjadi, artinya kita melihat peningkatan dan perbedaan,” ujar K. Rajagopal seperti dikutip Football5Star.com dari Astro Arena.

K. Rajagopal Doakan Kim Pan-gon

- Advertisement -

Menurut K. Rajagopal, tuntutan yang diucapkannya ketika itu bukanlah unjuk kesombongan. Itu hanyalah tantangan dan harapan agar timnas Malaysia lebih sukses lagi. Lagi pula, kata dia, hal itu jugalah yang diinginkan seluruh rakyat Malaysia, terutama para pendukung Harimau Malaya.

“Mungkin inilah yang ingin dilihat oleh seluruh pendukung sepak bola Malaysia. Mereka terlalu emosi, menaruh harapan sangat tinggi, dan sangat bersemangat memberikan dukungan,” ujar Rajagopal yang pada 2004 mengikuti kursus lisesnsi pro bersama Pan-gon.

Kim Pan-gon diharapkan K. Rajagopal mampu menunjukkan tangan dinginnya seperti saat di Hong Kong.
scmp.com
- Advertisement -

Untuk Pan-gon, pelatih berumur 65 tahun itu tak mau berkomentar banyak. Satu hal yang pasti, dia memberikan dukungan penuh. “Saya mendoakan yang terbaik bagi Kim. Sebagai orang Malaysia, eks pelatih Harimau Malaya, saya tentu mengharapkan yang terbaik,” kata dia lagi.

Sementara itu, untuk para pemain, K. Rajagopal berharap mereka bersiap menghadapi cara dan filosofi berbeda. Dia meminta mereka setidaknya melihat kiprah pelatih-pelatih Korsel dan Jepang yang pernah dan masih menangani timnas negara lain di Asia Tenggara. Itu dibutuhkan agar mereka bisa langsung beradaptasi dengan Kim Pan-gon.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img