Kabar Terbaru Mohamed Kallon, Putra Kebanggaan Sierra Leone

BACA JUGA

terassd
Kabar Terbaru Mohamed Kallon, Putra Kebanggaan Sierra Leone 3

Football5Star.com, Indonesia – Pernahkan anda mendengar nama Sierra Leone? Itu adalah sebuah negara kecil di sebelah barat daya benua Afrika. Mungkin terdengar asing bagi anda. Tapi jika anda penggemar sepak bola, paling tidak anda pernah mendengar nama Mohamed Kallon.

Kallon lahir di kota Kenema, Sierra Leone, 1979. Mohamed mempunyai dua kakak yang juga pemain sepak bola, Komekai Kallon, dan Musa Kallon. Untuk Musa, dia pernah bermain bersama PSM Makassar, Persikota, dan Persebaya di era 90-an.

- Advertisement -

Tapi Mohamed-lah yang kariernya paling gemilang. Para pecinta sepak bola juga mengakui Mohamed Kallon merupakan pemain Sierra Leone paling terkenal di dunia sepak bola.

Kabar Terbaru Mohamed Kallon, Putra Kebanggaan Sierra Leone
inter.it

Dia bermain bersama klub lokal Old Edwardians di Liga Primer Sierra Leone di usia 15 tahun dan menjadikan dia pemain termuda yang pernah bermain di liga itu. Dia bahkan sudah bermain di timnas Sierra Leone pada saat itu juga pada babak kualifikasi Piala Afrika 1996. Dia setelah itu lalu pindah ke klub Lebanon, Tadaman Sour.

- Advertisement -

Bakatnya akhirnya tercium oleh klub raksasa Italia, Inter Milan pada tahun 1995. Tapi dia sama sekali tidak pernah bermain untuk Nerazzurri karena selalu dipinjamkan ke beberapa klub seperti, Lugano, Bologna, Cagliari, dan Genoa karena Kallon memakan kuota pemain non-Uni Eropa. Kallon akhirnya dilepas ke Reggina dan Vicenza dengan status co-ownership pada tahun 1999-2001.

Tapi Kallon akhirnya kembali ke Inter Milan di musim 2001-02. Saat itu Kallon sebenarnya merupakan striker pilihan ke 3 atau 4. Tapi dengan cederanya Ronaldo dan Alvaro Recoba. Kallon mampu bermain selama 29 laga Serie A dan mencetak 9 gol. Hanya kalah dari Christian Vieri.

- Advertisement -

Sayang di dua musim selanjutnya bersama Inter, dia hanya mampu bermain total 14 kali karena cedera dan penggunaan obat nandrolone yang membuatnya disangsi tak boleh bermain selama 8 bulan pada musim 2003-04. Dia juga sudah mulai kalah saing dengan penyerang muda asal Nigeria, Obafemi Martins dan Adriano. Akhirnya dia dilepas ke runner-up Liga Champions, AS Monaco, di musim 2004-05.

Dianggap Bak Pahlawan di Negaranya

Jika dibandingkan dengan pemain Afrika lainnya, karier Kallon sebenarnya tidak ada apa-apanya. Tapi untuk negaranya, Kallon, dianggap bak pahlawan.

Dia membeli sebuah klub sepak bola di negaranya yang bernama FC Kallon pada tahun 2002. Ya, banyak yang mengira Kallon membeli klub Sierra Leone bernama Sierra Fisheries dan merubah namanya menjadi FC Kallon. Tapi faktanya, saking terkenalnya Kallon, klub Sierra Fisheries mengubah namanya menjadi FC Kallon, dua tahun sebelum sang pemain akhirnya membeli klub itu.

Tapi lucunya, Kallon, pernah memecat 3 pegawai di klub itu karena alasan kurang kompeten pada Juli 2002, satu bulan sebelum dia membeli klub itu. Padahal Kallon belum punya jabatan apa-apa di klub itu.

Kallon juga mendapat penghargaan Order of the Rokel, yaitu penghargaan tertinggi warga Sierra Leone pada 2013.

Kallon juga mempunyai lisensi pelatih UEFA A dan sempat menjadi asisten pelatih klub muda MLS Houston Dynamo. Hal ini dilakukannya supaya bisa membantu pemain-pemain muda Sierra Leone mencapai impiannya.

“Saya berniat kembali ke negara dan benua saya dan memberikan pengetahuan yang diperoleh selama bertahun-tahun kepada para pelatih muda serta atlet muda yang bertujuan untuk mensukseskan karier mereka,” ucap Kallon akhir 2017 lalu kepada BBC Sport.

Saat ini Kallon mempunyai beberapa perusahaan dan yayasan. Perusahaan Kalleone Group of Company, yang bergerak di bidang media, toko olahraga, farmasi dan juga FC Kallon itu sendiri.

Yayasan yang dimilikinya bernama Mohamed Kallon Children’s Foundation, yang akan memenuhi kebutuhan ratusan anak jalanan Sierra Leone. Yayasan itu juga sudah bekerja sama dengan PBB dan LSM lain untuk membantu program kepekaan HIV/AIDS di Sierra Leone.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img