Kabar Terbaru Oliver Neuville, Raja Gocek Timnas Jerman

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru Fix 1
Kabar Terbaru Oliver Neuville, Raja Gocek Timnas Jerman 5

Football5star.com, Indonesia – Masih ingat Oliver Neuville? Dia adalah striker lincah Timnas Jerman di era 2000-an. Tubuhnya yang kecil membuat Neuville sulit sekali dihentikan.

Meski berstatus legenda Bundesliga, Neuville ternyata memulai kariernya di Swiss bersama Servette pada 1992. Di sana ia sangat tajam dengan torehan 41 gol dalam 108 laga selama empat musim.

- Advertisement -

Sang pemain kemudian pindah ke La Liga bersama Tenerife pada 1996. Sayangnya, Neuville kurang bersinar di kompetisi ini. Ia cuma mencetak 5 gol dalam 33 laga.

Gagal di Spanyol, Neuville mencoba peruntungan di Bundesliga. Ia merapat ke Hansa Rostock. Meski statistik golnya tak terlalu bagus, namun permainan atraktifnya membuat ia dipanggil Timnas Jerman pada 1998.

Kabar Terbaru Oliver Neuville, Raja Gocek Timnas Jerman
rp-online.de
- Advertisement -

Dari sini karier Neuville langsung meroket. Ia pindah ke klub besar Bayer 04 Leverkusen dan menjadi andalan selama lima musim di sana. Ia bahkan mengantar Leverkusen menjadi runner up Liga Champions 2002.

Di Timnas Jerman, Neuville juga bersinar. Ia membela Tim Panser di 2 Piala Dunia dan 1 Piala Eropa. Total, ia mencatatkan 69 caps dengan torehan 10 gol.

Kabar Terbaru Oliver Neuville, Raja Gocek Timnas Jerman
rp-online.de
- Advertisement -

Jika dilihat dari statistik, Neuville sebenarnya tak tajam-tajam amat sebagai striker. Namun, ia punya kemampuan ulet di lapangan.

Mantan pemain Borussia Mönchengladbach itu adalah pekerja keras. Ia mau mundur untuk membantu pertahanan. Neuville juga punya stamina tinggi dan bisa dengan mudah menggocek lawannya.

Ia pintar menarik perhatian bek, sekaligus membuka ruang untuk tandemnya di lini depan. Kalau tak percaya tanyakan kepada Oliver Bierhoff dan Miroslav Klose yang punya statistik gol bagus di Timnas Jerman.

Keduanya takkan bisa setajam itu kalau tak dibantu Neuville yang rajin menciptakan peluang di kotak penalti.

Kabar Terbaru Neuville

Kabar Terbaru Oliver Neuville, Raja Gocek Timnas Jerman
rp-online.de

Neuville gantung sepatu pada 2011 lalu. Klub terakhirnya adalah Arminia Bielefeld.

Setelah gantung sepatu, ia sempat menghilang dari radar. Neuville hanya sesekali muncur di media dan membicarakan perkembangan Timnas Jerman.

Pada 2013, Neuville kembali ke mantan klubnya Borussia Mönchengladbach. Ia menjadi asisten pelatih Gladbach U-19. Jabatan itu masih ia pertahankan sampai sekarang.

Neuville termasuk pesepak bola yang sangat cerdas. Ia menguasai lima bahasa yakni Jerman, Inggris, Spanyol, Italia dan Prancis.

Ia juga yang selama ini membantu adaptasi Marcus Thuram. Nama terakhir selalu berkomunikasi dengan Neuville menggunakan bahasa Italia. Ya, meski berdarah Prancis, Marcus lahir di Parma, ketika ayahnya bermain di sana.

“Senang rasanya berkomunikasi dengan berbagai bahasa dan membantu beberapa pemain,” kata Neuville di rp-online.de.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img