Ketua Komite Wasit VFF: Kalau Ada VAR, Asnawi Mangkualam Pasti Sudah Diusir

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dinilai beruntung. Pasalnya menurut Ketua Komite Wasit Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Duong Van Hien, aksi tekel Asnawi Mangkualam akan berbuah kartu merah andai ada VAR pada laga Indonesia vs Vietnam, .

- Advertisement -

Pada pertandingan grup B Piala AFF 2020 itu, Indonesia memang bermain cukup keras dan tak kenal kompromi dalam bertahan. Beberapa kali pemain Vietnam terjungkal akibat mendapat tekel dari pemain Indonesia.

Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam PIala AFF 2020 Ezra Walian - Zingnews
Zingnews

Skuat Garuda melakukan 13 pelanggaran dan 4 pemain mendapat kartu kuning pada laga tersebut. Salah satu insiden yang mendapat sorotan adalah ketika Asnawi Mangkualam menerjang Nguyen Phong Hong Duy pada setengah jam babak pertama.

- Advertisement -

Dalam sebuah perebutan bola, Asnawi berlari dan melompat sambil menjulurkan kaki. Sialnya, kaki Asnawi tak menyambar bola, melainkan sedikit menghantam badan Hong Duy hingga terkapar. Wasit Kim Dae-yong langsung mengganjar Asnawi dengan kartu kuning.

Hasil Indonesia vs Vietnam
AFF

Pelanggaran Asnawi Mangkualam Dianggap Layak Diganjar Kartu Merah

Menurut Van Hien, secara umum kinerja wasit sudah sangat baik. Hanya saja, dia menganggap andai ada VAR di Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam kemungkinan besar akan langsung diganjar kartu merah.

- Advertisement -

“Dari segi penilaian objektif, kerja wasit dalam pertandingan Vietnam vs Indonesia relatif baik. Namun, dalam beberapa situasi permainan ketika wasit agak ceroboh. Situasi pelanggaran berbahaya dan dapat menyebabkan cedera. Sehingga wasit dapat sepenuhnya menarik lebih banyak kartu untuk pemain Indonesia,” bilang Van Hien, dikutip Football5star dari media Vietnam.

Hasil Indonesia vs Vietnam
(Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)

“Saya setuju dengan pandangan bahwa jika ada VAR untuk ditinjau oleh wasit, pelanggaran Asnawi terhadap Hong Duy pada menit ke-30 dapat menyebabkan kartu merah, bukan kartu kuning,” ucapnya menambahkan.

Vietnam, akibat ditahan imbang Indonesia, gagal memastikan tiket ke babak semifinal Piala AFF 2020 lebih cepat. Mereka harus menunggu laga pamungkas melawan Kamboja, Minggu (19/12/2021). Pada saat bersamaan, Indonesia dan Malaysia juga saling baku hantam memperebutkan tiket semifinal.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img