Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Klub yang Bangun Stadion Baru dalam 2 Dekade Terakhir

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Stadion adalah tempat sakral untuk tim sepak bola. Banyak dari mereka mengandalkan kandangnya sendiri untuk mendulang kemenangan.

Ya, bermain di kandang sendiri tentu berbeda ketika main di kandang lawan. Dukungan suporter, aura magis yang terdapat di stadion sendiri selalu menjadi pembeda dalam permainan sebuah tim.

- Advertisement -

Maka tidak heran rasanya jika beberapa klub medioker mampu mendulang poin penuh ketika menghadapi tim besar di kandangnya. Ini pula yang dinamakan aura magis sebuah stadion yang dihuni puluhan ribu suporter.

Selain itu, stadion juga menjadi saksi sejarah sebuah klub. Jatuh bangun sebuah tim semua terjadi di stadion. Tapi tidak sedikit pula klub yang berani pindah ke stadion lain atau hanya sekedar membangun ulang stadion mereka.

- Advertisement -

Football5star telah merangkum lima klub yang membangun stadion baru dalam dua dekade terakhir:

  • Arsenal
Arsenal, Emirates
Zimbio

Arsenal jadi klub pertama yang memutuskan untuk membangun stadion baru pada awal millenium ini. Mereka meninggalkan stadion bersejarahnya, Higbury, pada 2006 untuk pindah ke stadion Emirates.

- Advertisement -

Kepindahan ini memang harus dilakukan kubu Arsenal. Pasalnya, kapasitas Highbury yang hanya 38 ribu penonton dianggap kekecilan untuk klub sebesar The Gunners. Untuk itu, pelatih Arsene Wenger ketika itu meminta manajemen untuk membangun stadion baru yang lebih megah dan besar.

Dan benar saja, memasuki musim 2006-2007 Arsenal sudah tak lagi memakai Highbury. Mereka pindah ke stadion Emirates yang mampu menampung 65 ribu penonton. Sayang, sejak pindah ke Emirates prestasi klub London Utara justru merosot tajam.

  • Bayern Munich
Mengenal 12 Stadion yang Akan Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020 - Allianz Arena - Color Cinetics
Color Cinetics

Bayern Munich terpaksa meninggalkan stadion ikonik mereka, Olympiastadion, untuk pindah ke Allianz Arena. Sejatinya sudah sejak 1997 Bayern mencanangkan untuk membangun stadion baru. Namun, baru pada 2001 rencana itu bisa terealisasikan.

Impian Bayern Munich memiliki stadion baru yang lebih megah dan modern pun tercapai pada 2005. Tepat pada 19 Mei 2005 silam mereka meresmikan Allianz Arena dengan mengadakan laga persahabatan melawan tim sekota 1860 Munich.

Walau harus meninggalkan hegemoni Olympiastadion yang sudah mereka tempati selama tiga dekade, The Bavarian tidak kehilangan taji kala bermain di Allianz Arena. Terbukti, dalam tujuh musim terakhir mereka menyapu bersih gelar Bundesliga. Bayern juga sukses merengkuh trofi kelima Liga Champions pada 2013.

  • Juventus
Kamu Pasti Gak Tahu! Ini 5 Fakta Juventus Stadium, Arena Pertarungan Derby D'Italia
calcioefinanza.com

Sebagai klub terpandang di Italia, Juventus boleh bangga. Mereka jadi tim Italia pertama yang memiliki stadion sendiri. Ya, sejak 2011 lalu Juve mempunyai stadion yang mereka bangun sendiri bernama Juventus Stadium.

Stadion berkapasitas 42 ribu kursi ini menggantikan stadion lama yang mereka gunakan bersama Torino, Olimpico Turin. Dan sejak 2012, stadion tersebut berganti nama menjadi Allianz Stadium seiring masuknya pihak sponsor.

Seperti halnya Bayern Munich, Juventus juga dinaungi dewi fortuna sejak pindah ke kandang barunya itu. Mereka selalu merengkuh scudetto dalam delapan musim terakhir. Padahal sebelum pindah, klub asal Turin terseok-seok di Serie A selama beberapa musim.

  • Atletico Madrid
Stadion Wanda Metropolitano (Twitter @Atleti)
@Atleti

Barcelona dan Real Madrid boleh saja menjadi klub terbesar di Spanyol. Namun, untuk urusan membangun stadion baru, mereka masih tertinggal dari Atletico Madrid. Klub besutan Diego Simeone sukses membangun stadion megah bernama Wanda Metropolitano.

Sejatinya, stadion ini sudah ada sejak 1994 yang dibangun oleh pemerintah otonom Madrid. Namun, tak ada klub ibu kota yang menggunakannya. Mereka setia memakai stadion Vicente Calderon yang sudah menjadi kandangnya sejak 1966 silam.

Baru pada 2004 silam pihak Atletico Madrid membeli hak milik stadion yang tadinya bernama Metropolitano. Mereka kemudian membangun ulang stadion tersebut untuk menggantikan Vicente Calderon yang akan dialih fungsikan. Dan sejak 2017, Los Rojiblancos sudah menempati stadion Wanda Metropolitano yang berkapasitas 67 ribu penonton.

  • Tottenham Hotspur
tottenham women vs arsenal women
@SpursWomen

Tottenham Hotspur jadi klub paling anyar yang punya stadion baru. Bedanya, mereka membangun ulang stiadon White Hart Lane yang dianggap tidak mampu menampung animo suporter yang kian tinggi.

Dan pada 2017 stadion White Hart Lane pun dirobohkan. Hebatnya, pembangunan stadion baru ini hanya memakan waktu kurang lebih satu tahun setengah. Dan dalam kurun waktu tersebut, Tottenham terpaksa memakai stadion milik timnas Inggris, Wembley.

Membutuhkan lahan yang lebih luas untuk stadion baru, pihak klub harus menggusur ratusan rumah yang ada di sekitaran stadion. Pembebasan lahan ini pula yang sempat menghambat pembangunan stadion yang sudah direncakan sejak 2015.

Walau begitu, Spurs tetap mampu memiliki stadion baru yang megah dengan segala kecanggihannya. Dan April 2019 lalu, stadion megah bernama Tottenham Hotspur Stadium resmi dibuka.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img