Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pelatih Pembuat Milestone Istimewa di Bayern Munich

Football5Star.com, Indonesia – Hansi Flick dipastikan hengkang dari Bayern Munich pada akhir musim nanti. Kepastian itu didapatkan setelah permintaannya untuk mengakhiri kontrak lebih awal disetujui manajemen Die Roten. Sebagai pengganti, akan datang Julian Nagelsmann dari RB Leipzig.

Dalam pernyataan resmi soal penunjukan Nagelsmann, Presiden Herbert Hainer mengucapkan terima kasih kepada Flick. Dia menyebut sang pelatih akan selalu tercatat di buku sejarah Bayern. Itu tentu tak terlepas dari kesuksesan Die Roten bersamanya.

Hansi Flick memang tak akan dapat dihapus dari buku sejarah Bayern Munich. Pasalnya, dia telah membuat milestone istimewa. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 pelatih dengan milestone istimewa di klub raksasa Jerman tersebut.

Hansi Flick Sapu Gelar Semusim

Hansi Flick membawa Bayern Munich menyapu bersih gelar musim 2019-20.
bild.de

Hansi Flick akan selalu tercatat sebagai pelatih pertama yang membawa Bayern Munich menyapu gelar dalam semusim. Pada 2019-20, dia membawa Die Roten menjuarai Bundesliga, DFB Pokal, Liga Champions, Piala Super Jerman, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Bersama Flick, Bayern jadi tim kedua yang membukukan sapu bersih gelar dalam semusim. Sebelumnya, ada Barcelona dengan Pep Guardiola sebagai pelatih yang melakukan hal itu pada musim 2008-09.

Pencapaian Flick terbilang mengejutkan. Pasalnya, dia baru naik ke kursi pelatih setelah Niko Kovac dipecat pada 3 November 2019. Awalnya, dia didatangkan hanya sebagai asisten pelatih.

Jupp Heynckes Bawa Bayern Raih Treble

Jupp Heynckes jadi pelatih pertama yang membawa Bayern Munich meraih treble winners.
foottheball.com

Jupp Heynckes adalah salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Bayern Munich. Namanya pun abadi berkat pencapaian musim 2012-13. Kala itu, dia menahbiskan diri sebagai pelatih pertama yang membawa Die Roten meraih treble winners.

Pada musim itu, Heynckes membawa Bayern juara Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions. Di Eropa, hanya ada enam klub lain yang membukukan prestasi tersebut. Mereka adalah Celtic FC, AFC Ajax, PSV Eindhoven, Manchester United, Barcelona, dan Inter Milan.

Prestasi Die Roten bisa dikatakan luar biasa. Pasalnya, mereka hanya jadi runner-up di ketiga ajang tersebut pada musim 2011-12. Heynckes mengakui ada beban berat untuk membangkitkan motivasi para pemain yang sangat terpukul kala itu.

Felix Magath Double Winners Beruntun

Felix Magath dua kali menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal secara beruntun bersama Bayern Munich.
Getty Images

Felix Magath memang tak lama menangani Bayern Munich. Dia datang pada awal musim 2004-05 dan dilengserkan pada pertengahan musim 2006-07. Namun, pria berdarah Kosta Rika itu menorehkan milestone apik. Dialah pelatih pertama yang membawa Die Roten meraih double winners beruntun.

Menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal secara bersamaan bukan hal aneh di Bayern Munich. Namun, double winners secara beruntun tak pernah terjadi sebelum kedatangan Magath yang bermodal performa apik saat menangani VfB Stuttgart.

Bersama Magath, Bayern menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal secara beruntun pada 2004-05 dan 2005-06. Pada 2004-05, Bayern juara Bundesliga dengan keunggulan 14 poin atas FC Schalke 04 dan mengalahkan klub yang sama di final DFB Pokal. Musim berikutnya, Die Roten unggul 5 poin dari WErder Bremen di Bundesliga dan menang atas Eintracht Frankfurt di final DFB Pokal.

Udo Lattek Bawa Bayern Hat-trick di Bundesliga

Udo Lattek dua kali hat-trick juara Bundesliga.
derbund.ch

Musim ini, Bayern Munich sedang membidik gelar juara Bundesliga untuk kali ke-9 secara beruntun. Dalam deretan 8 gelar yang telah diraih sejak 2012-13, tiga di antaranya diraih bersama Pep Guardiola. Namun, dia bukanlah orang pertama yang membawa Die Roten hat-trick juara.

Guardiola hanyalah pelatih ketiga yang mampu membawa Bayern juara Bundesliga tiga musim beruntun. Orang pertama yang melakukan hal tersebut adalah Udo Lattek. Dia membawa Die Roten secara beruntun juara pada 1971-72, 1972-73, dan 1973-74. Hal itu diulangi lagi pada 1984-85 hingga 1986-87.

Adapun satu pelatih lain yang membawa Bayern hat-trick juara Bundesliga adalah Ottmar Hitzfeld. Eks pelatih Borussia Dortmund itu melakukannya pada musim 1998-99, 1999-00, dan 2000-01. Dua gelar terakhir diraih secara dramatis pada pekan terakhir.

Dettmar Cramer Juara Piala Champions Beruntun

Dettmar Cramer dua kali membawa Bayern Munich juara Piala Champions secara beruntun.
sport1.de

Bayern Munich mengalami masa keemasan di kancah antarklub Eropa pada 1970-an. Mereka tercatat tiga kali menjuarai Piala Champions secara beruntun pada 1973-74 hingga 1975-76. Dua dari tiga gelar itu diraih bersama Dettmar Cramer.

Udo Lattek membawa Bayern menjuarai Piala Champions untuk kali pertama pada 1973-74 dengan mengalahkan Atletico Madrid lewat laga ulang. Dua musim berikutnya, gelar diraih bersama Cramer dengan menaklukkan Leeds United dan Saint-Etienne pada laga final.

Selain menjuarai Piala Champions dua kali beruntun, Cramer juga jadi pelatih pertama yang membawa Bayern juara Piala Interkontinental. Menariknya, itulah tiga trofi yang diraih Cramer sepanjang kiprahnya sebagai pelatih.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More