Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Raja Udara Liga Inggris Era Premier League

BACA JUGA

Banner LFS Baru

Football5Star.com, Indonesia – Sejak era Premier League bergulir pada 1992-93, ada banyak penyerang hebat yang berkiprah di Liga Inggris. Hingga saat ini, Alan Shearer adalah yang tertajam. Dia juga ternyata termasuk salah satu raja udara alias pemain yang memiliki sundulan maut.

Meskipun demikian, Shearer ternyata bukanlah raja udara yang sebenarnya. Dia masih kalah dari Peter Crouch, striker jangkung yang pernah membela Liverpool. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 raja udara Liga Inggris era Premier League. Kamu pasti gak tahu beberapa nama yang ada di sana.

Peter Crouch

Peter Crouch adalah pengoleksi gol sundulan terbanyak di Premier League.
skysports.com
- Advertisement -

Saat pensiun pada akhir musim lalu, Peter Crouch menyandang satu predikat apik. Dialah pencetak gol sundulan terbanyak di Liga Inggris pada era Premier League. Sejak menjalani debut di pentas ini pada 2001-02, dia mampu mencetak 53 gol dengan kepalanya.

Hingga saat ini, Peter Crouch merupakan pemain pertama dan satu-satunya yang sanggup mengoleksi 50 gol sundulan pada pentas Premier League. Jumlah 53 gol sundulan itu adalah 49 persen dari total koleksi golnya sepanjang berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

Alan Shearer

Alan Shearer mencetak 46 gol dengan sundulannya selama memperkuat Blackburn Rovers dan Newcastle United.
the24.ie
- Advertisement -

Sebelum kemunculan Peter Crouch, Alan Shearer adalah sang raja udara Premier League. Dari total 260 gol yang dicetaknya bersama Blackburn Rovers dan Newcastle United, eks kapten timnas Inggris itu menjaringkan 46 gol lewat sundulan mautnya.

Sejak musim pertama era Premier League, Alan Shearer memang dikenal sebagai strike ulung. Tak heran bila dia memuncaki daftar pemain tersubur saat gantung sepatu pada akhir musim 2005-06. Pada 1993-94 hingga 1995-96, dia bahkan selalu mencetak setidaknya 30 gol bagi klubnya.

Dion Dublin

Dion Dublin jadi salah satu raja udara di Liga Inggris pada era Premier League.
Getty Images
- Advertisement -

Nama Dion Dublin memang tak sebesar Alan Shearer atau wayne Rooney. Maklum, meskipun sempat meniti karier bersama Manchester United, dia justru besar di klub semenjana, Coventry City dan Aston Villa. Berkiprah dari musim pertama hingga 2003-04, dia total mengemas 111 gol dalam 312 laga.

Dari 111 gol yang dibuat Dublin pada pentas Premier League, sebanyak 45 gol di antaranya dibuat dengan sundulan mautnya. Dia hanya terpaut satu gol dari Shearer yang berada di posisi kedua daftar raja udara.

Les Ferdinand

Les Ferdinand mencetak 40 gol sundulan sepanjang kiprahnya di Premier League.
Getty Images

Sosok Les Ferdinand termasuk jajaran striker papan atas Premier League. Selama 14 musim beruntun, dia selalu berkiprah di kasta teratas Liga Inggris tersebut bersama Queens Park rangers, Newcastle United, Tottenham Hotspur, West Ham United, Leicester City, dan Bolton Wanderers.

Total, Ferdinand bermain dalam 351 pertandingan Premier League dengan koleksi 149 gol. Dari jumlah itu, sebanyak 40 gol di antaranya merupakan hasil ketajaman kepalanya.

Dwight Yorke

Dwight Yorke termasuk raja udara Liga Inggris pada era Premier League.
manutd.com

Publik sepak bola dunia mengenal Dwight Yorke sebagai tandem serasi Andrew Cole di Manchester United. Dia merupakan bagian dari skuat Red Devils saat merengkuh treble winners pada 1998-99. Padahal, namanya sudah meroket sejak musim 1995-96 bersama Aston Villa.

Dwight Yorke termasuk jajaran pemain asing tersubur di Premier League. Dia berada di posisi keenam dengan koleksi 123 gol dari 375 pertandingan. Dari jumlah itu, 38 gol di antaranya dilesakkan pemain asal Trinidad & Tobago ini melalui sundulan mautnya.

[better-ads type=’banner’ banner=’156408′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img