Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Rekam Jejak Pemain Naturalisasi di Skuat Persija

BACA JUGA

Banner LFS Baru

Football5Star.comPersija Jakarta ternyata sudah akrab dengan pemain naturalisasi sejak masa lalu. Beberapa di antaranya sukses, tapi tak sedikit pula yang gagal mempersembahkan permainan terbaiknya.

Musim ini, Macan Kemayoran tengah memperjuangkan Marc Klok agar bisa mengubah status kewarganegaraannya dari Belanda menjadi Indonesia. Andai sudah sah, Klok akan menjadi pemain naturalisasi ketujuh di kubu Persija.

- Advertisement -

Nah, bagaimana sebenarnya rekam jejak pemain naturalisasi di Persija? Berikut 5 di antaranya versi Football5Star.com:

Nol van der Vin

Nol van der Vin merupakan pemain naturalisasi pertama Indonesia era penjajahan Belanda. Dia memutuskan untuk mengganti status kewarganegaraannya menjadi Indonesia pada 1924.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Rekam Jejak Pemain Naturalisasi di Skuat Persija
Asalcoretblogspot

Beberapa klub Indonesia dibelanya. Dia pernah membela Excelsor, Union Makes Strength (UMS) hingga Persija Jakarta. Bersama Persija, dia bermain dari 1948 hingga 1954 dengan 30 penampilan.

Van der Vin sendiri memiliki caps bersama Timnas Indonesia. Paling diingat tentu saat dia menepis tendangan penalti legenda Hongaria, Ferenc Puskas di Lapangan Ikada dalam laga uji coba.

Stefano Lilipaly

Setelah lama tak lagi menggunakan jasa pemain naturalisasi, Persija kemudian merekrut Stefano Lilipaly pada 2015 lalu. Dia sempat mentas dalam beberapa laga Macan Kemayoran.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Rekam Jejak Pemain Naturalisasi di Skuat Persija
Antara Foto

Sayang, belum jua menunjukkan kelihaiannya bersama Macan Kemayoran, kompetisi kala itu harus dihentikan karena campur tangan pemerintah. Lilipaly akhirnya kembali ke Belanda sebelum memperkuat Bali United 2017 sejak 2017 silam.

Raphael Maitimo

Beberapa bulan kemudian, Persija kembali merekrut pemain naturalisasi lain, yakni Raphael Maitimo. Pemain blasteran Indonesia Belanda itu memperkuat Macan Kemayoran pada Piala Jenderal Sudirman 2015 lalu.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Rekam Jejak Pemain Naturalisasi di Skuat Persija
Antara Foto

Sebagai pemain yang baru bergabung, Maitimo langsung nyetel bersama tim. Dia bahkan sukses mencetak tiga gol buat Macan Kemayoran dalam turnamen itu. Kebersamaannya dengan Persija tak berlanjut, dia kemudian bergabung dengan Arema FC pada 2016 lalu.

Osas Saha

Pada Liga 1 2018, Persija memutuskan untuk mendatangkan Osas Saha di putaran kedua. Kedatangannya dimaksudkan untk memberi banyak pilihan buat pelatih di lini depan bersama Marko Simic.

Dalam setengah musim bersama Macan Kemayoran, Osas Saha menjalankan 13 laga dan mengemas dua gol. Tapi, tetap saja dalam CV-nya tercantum kalau dia turut membawa Persija juara Liga 1 2018.

Beto Goncalves

Nyaris sama dengan beberapa pemain naturalisasi Persija belakangan, Beto hanya main sebentar saja. Beto datang dengan status pinjaman dari Madura United untuk memperkuat Persija pada Kualifikasi Liga Champions Asia 2019 silam.

Eks Persipura Jayapura itu hanya bermain dalam dua laga karena Persija hanya mentok samai premilminary 2 saja. Tapi, Beto sukses mencetak gol saat Persija menang 3-1 atas Home United.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img