Kamu Pasti Gak Tahu! Deretan Pencetak Gol Termuda di Liga Champions

gamespool
Kamu Pasti Gak Tahu! Deretan Pencetak Gol Termuda di Liga Champions 5

Football5star.com, Indonesia – Pemain muda Bayern Munich, Jamal Musiala sukses mengukir satu dari empat gol kemenangan timnya saat kalahkan Lazio 4-1 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Gol Jamal pada menit ke-24 membuatnya kini sejajar dengan eks pemain Barcelona, Bojam Krkic sebagai pencetak gol termuda di fase knock out Liga Champions. Pada Liga Champions 2007-08, Bojan cetak satu gol ke gawang Schalke 04 di usia 17 tahun 218 hari.

Saat torehkan gol ke gawang Lazio, Jamal tercatat berusia 17 tahun 363 hari. Jumat, 26 Februari mendatang, ia akan berulang tahun ke-18 tahun. Selain Jamal dan Bojan, sejumlah pemain muda lainnya juga pernah mencetak gol di Liga Champions. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

Ansu Fati

Wonderkid milik Barcelona ini cetak gol di babak fase grup Liga Champions musim lalu. Di usia 17 tahun 40 hari, Ansu Fati ukir satu gol saat Barcelona meraih kemenangan 2-1 atas Iner Milan pada 10 Desember 2019.

Ansu Fati - Barcelona - Manchester United - beIN Sports

Gol ini seperti hadiah untuk Barca. Di bulan yang sama pada tahun itu, Barca menghadiahi Fati dengan kontrak baru yang berjalan hingga Juni 2022, meningkatkan klausul pembebasannya dari 100 juta euro menjadi 170 juta euro atau setata Rp 2,6 triliun. Saat ini di usia 18 tahun, klausa pelepasan Fati naik lagi menjadi 400 juta euro atau setara Rp 6,2 triliun.

Peter Ofori-Quaye

Rekor pemain termuda yang cetak gol di babak fase grup Liga Champions yang diukir Fati pada musim lalu mengalahkan catatan milik Peter Ofori Quaye.

Peter Ofori Quaye
Sky Sport

Pada edisi Liga Champions 1997-98, pemain asal Ghana itu cetak gol di usia 17 tahun 195 hari saat timnya, Olympiacos dikalahkan 1-5 oleh Rosenborg.

Mateo Kovačić

Gelandang asal Kroasia, Mateo Kovačić juga masuk dalam jajaran pencetak gol termuda di Liga Champions. Rekor itu ia ciptakan saat masih membela Dinamo Zagreb.

Mateo Kovačić
Sky Sport

Melawan Lyon pada 7 Desember 2011, Kovacic cetak gol pada usia 17 tahun 216 hari. Sayang satu golnya tak membantu Zagreb terhindar dari kekalahan 1-7 dari Lyon.

Cesc Fabregas

7 Desember 2014, Cesc Fabregas juga ukir gol di usia masih sangat muda, 17 tahun 218 hari. Gol itu dicetaknya pada menit ke-24 saat Arsenal meraih kemenangan 5-1 dari Rosenborg di babak fase grup Liga Champions.

Cesc Fabregas
getty images

Fabregas mendapatkan kesempatan untuk main pertama kali di Liga Champions saat Arsenal melawan Rosenborg. Dia langsung menjadi starter bersama pemain-pemain top semacam Thierry Henry, Van Persie dan Robert Pires.

Martin Klein

Bek asal Ceko, Martin Klein juga menjadi pemain termuda yang cetak gol di babak fase grup Liga Champions. Pada 27 Februari 2002, Klein cetak gol di usia 17 tahun 241 hari saat timnya, Sparta Praha dikalahkan 1-2 oleh Panathinaikos.

Martin Klein
uefa.com

Karier Klein sendiri tak pernah berada di titik tertinggi. Ia hanya bermain bersama tim-tim kecil di Ceko. Pada tahun lalu, bek kelahiran 2 Juli 1984 itu tercatat membela klub kecil Jerman, Kickers Selb.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More