Kegamangan Ronald Koeman Setengah Tahun Latih Messi dkk

BACA JUGA

gamespool
Kegamangan Ronald Koeman Setengah Tahun Latih Messi dkk 3

Football5star.com, Indonesia – Pelatih Ronald Koeman sudah hampir setengah tahun melatih Lionel Messi dkk di Barcelona. Selama 6 bulan memimpin tim asal Catalan tersebut, Koeman tak menampik bahwa dirinya merasa kegamangan. Ada rasa khawatir yang membuat fisiknya merasa sakit.

Sebelum resmi melatih Barcelona, Koeman memang sempat mengakui mengalami masalah kesehatan. “Dalam kasus saya, saya mengalami stroke ringan dan itu membuat Anda berpikir dengan cara yang berbeda,” ucap Koeman seperti dikutip Football5star.com dari Marca, Jumat (25/12/2020).

barcelona-FCBarcelona
- Advertisement -

Sadar bahwa ia memiliki kesehatan fisik yang tidak lagi bagus, Koeman menegaskan bahwa dirinya tidak ingin terus melatih. Batasnya ia berhenti menjadi pelatih ialah di umur 70 tahun.

“Saya telah melatih selama beberapa tahun dan saya tidak ingin tetap melatih sepak bola ketika sudah berusia 70 tahun. Itu adalah waktu yang tepat untuk berhenti,” kata Koeman.

Selama setengah tahun memimpin Barcelona, eks pelatih Sunderland ini dihadapkan sejumlah masalah internal. Yang paling jadi sorotan tentu saja soal Lionel Messi. Bagi Koeman, sosok Messi saat ini masih tetap fokus untuk Barcelona. Ia pun memposisikan dirinya sebagai pelatih dengan ketegasan yang dimiliki.

“Dia berlatih keras setiap hari. Dia selalu ingin terlibat dalam tim. Saat saya melatih, saya suka berbicara dengan para pemain dan saya juga berbicara dengannya tentang banyak hal karena dia juga kapten tim,”

“Di klub seperti Barcelona, Anda harus memenangkan pertandingan dan trofi. Anda tidak mendapatkan hadiah untuk finish di tempat keempat, Anda harus menjadi yang pertama. Itulah mentalitas yang harus dimiliki tim seperti kami,”

Soal mental ini yang bagi Koeman sempat membuat dirinya gamang. Barcelona hingga pekan ke-14 Liga Spanyol masih tertahan di posisi kelima klasemen LaLiga.

“Kami harus sadar bahwa perubahan perlu dilakukan dan menjadi tuntutan terbesar untuk berada di level tertinggi. Kami harus memiliki dan mempertahankan mentalitas juara,”

https://www.youtube.com/watch?v=36YdKKFOADc
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img