Ketimbang Timnas Indonesia, Talenta Belanda Ini Lebih Pilih Bela Korea Selatan

BACA JUGA

gamespool
Ketimbang Timnas Indonesia, Talenta Belanda Ini Lebih Pilih Bela Korea Selatan 5

Football5star.com Indonesia – Talenta muda Belanda asal klub SC Cambuur, Jasper ter Heide, tengah dihadapkan dengan tiga pilihan membingungkan. Saat ini, ada tiga negara yang bisa dibelanya, timnas Indonesia, Belanda, atau Korea Selatan.

Dalam usia 23 tahun, Jasper ter Heide merasa sudah saatnya memikirkan pentas internasional bersama tim nasional. Apalagi, pemin jebolan akademi Ajax itu juga sudah menapaki karier cukup baik bersama klub kasta kedua Liga Belanda, SC Cambuur.

Jasper ter Heide SC Cambuur Ajax Timnas Indonesia, Korea Selatan, Belanda - Voetbalzone
Voetbalzone
- Advertisement -

Pemain yang diboyong dari tim U-21 Ajax pada Juli 2020 itu langsung diberi kesempatan tampil 16 pertandingan di Keuken Kampioen Divisie pada musim perdana. Ketika itu, Ter Heide sanggup mencetak 1 gol dan 2 assist.

Lalu pada musim ini, Jasper ter Heide sudah tampil 21 kali dengan torehan 2 assist, termasuk dua laga di KNVB Beker. Kemampuan bermain di banyak posisi membuatnya sering mendapat kepercayaan.

- Advertisement -

Selain posisi naturalnya sebagai bek kanan, Ter Heide juga terbiasa dimainkan sebagai bek kiri, gelandang bertahan, hingga central midfielder. Adalah mantan pemain Ajax dan Barcelona, Richard Witschge, yang pernah menjajal Jasper ter Heide di posisi gelandang.

“Dia meminta aku mencoba dan setelahnya aku tak mengecewakan. Itulah posisi terbaikku, seratus persen. Aku merasa lebih baik di peran tersebut,” bilang Ter Heide, dikutip Football5star.com dari Vietbalzone.

Jasper ter Heide SC Cambuur Timnas Indonesia, Korea Selatan, Belanda - Voetbalzone
Voetbalzone

Dua Target Jasper ter Heide: Promosi Eredivisie dan Bela Timnas

- Advertisement -

Sejak membela SC Cambuur, Jasper ter Heide juga langsung memasang dua target. Pertama adalah membawa klubnya promosi ke kasta teratas Liga Belanda, Eredivisie. Selain itu, dia juga berharap bisa mulai meniti karier internasional di level senior.

Selama ini, Ter Heide sudah mencicipi karier junior bersama timnas Belanda dari level U-15, U-16, sampai U-19. Total 9 laga sudah dijalani bersama Jong Oranje, tapi belum pernah sekalipun dia dipanggil timnas senior Belanda.

Jika kesulitan menembus timnas Belanda, Jasper ter Heide punya dua opsi lain: timnas Indonesia atau Korea Selatan. Dia memiliki darah Korea Selatan dari sang ayah, sedangkan ibunya separuh Indonesia. Meski begitu, dia sadar untuk mendapatkan paspor Korea Selatan akan lebh sulit.

“Sepertinya susah buatku mendapatkan paspor Korea. Ayahku lahir di Korea Selatan, tapi diadopsi sejak usia muda dan tak memiliki paspor Korea. Untuk bisa memiliki paspor Korea, anda harus tinggal di sana setidaknya 6 bulan dan juga ada wajib militer,” sebut mantan rekan Matthijs De Ligt dan Justin Kluivert di tim junior Ajax itu.

Jasper ter Heide SC Cambuur Timnas Indonesia, Korea Selatan, Belanda 1 - Voetbalzone
Voetbalzone

Opsi lainnya adalah membela timnas Indonesia. Apalagi, dia cukup sering mendapat bujukan dari penggemar sepak bola Indonesia di media sosial, untuk datang dan membela tim nasional.

“Indonesia juga bisa. Ketika akun asal Indonesia mengunggah hal tentang aku di instagram, ada banyak respons dengan bendera Indonesia dan ajakan ‘come to Indonesia’. Jika tak berhasil dengan timnas Belanda, aku mungkin bakal memilih negara lain,” paparnya lagi.

Meski begitu, jika disuruh memilih antara timnas Indonesia atau Korea Selatan, Jasper ter Heide agaknya lebih berat ke negara asal ayahnya.

“Keterikatanku dengan Korea Selatan lebih kuat ketimbang Indonesia.Karena ayahku lebih kental darah Korea-nya dibanding ibuku dengan Indonesia. Aku juga merasa lebih mirip orang Korea ketimbang Indonesia. Aku ingin sekali bermain untuk timnas Korea Selatan suatu hari nanti,” ujar dia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img