Kim Gil-sik Resmi Mundur dari Ansan, Nasib Asnawi Mangkualam Tanda Tanya

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Pemain muda Indonesia, Asnawi Mangkualam, akan kehilangan pelatih yang memberikannya debut di sepak bola Korea Selatan, Kim Gil-sik. Pasalnya, Gil-sik memutuskan mundur dari Ansan Greeners pada Sabtu (18/9/2021).

- Advertisement -

Keputusan mundur Gil-sik memang bukan kejutan besar. Pasalya, sinyal tersebut sudah menguat sejak sepekan terakhir. Terlebih, setelah rentetan hasil buruk Ansan tak kunjung membaik.

Pria berusia 43 tahun tersebut tak mampu menghentikan catatan minor 9 pertandingan tanpa kemenangan Ansan di K League 2. Bahkan, di antara 9 pertandingan tersebut, 6 berujung kekalahan.

Kim Gil-sik Ansan Greeners vs Chungnam Asan, Asnawi Mangkualam - Sports-G
Sports-G

Selepas meraih hasil imbang ketiga dalam 9 laga terakhir, kala menghadapi Busan iPark, Minggu (12/9), Gil-sik sudah memberi isyarat kuat akan mundur. “Orang yang paling bertanggung jawab atas hasil buruk tim adalah pelatih. Saya harus serius mendiskusikan rencana saya dengan klub,” bilang dia ketika itu.

Berselang sepekan, Gil-sik dan manajemen Ansan akhirnya mencapai satu kesepakatan. Sang pelatih memilih mundur sebagai bentuk tanggung jawab atas hasil negatif Asnawi dan kawan-kawan.

“Setelah berdiskusi dengan klub, Kim Gil-sik memilih mundur dari posisi pelatih kepala sebagai pertanggungjawaban atas performa buruk tim. Setelah mempertimbangkan, Ansan memutuskan menerima permohonan mundur Gil-sik,” bunyi pernyataan Ansan, dikutip Football5star dari laman resmi klub.

Bagaimana Masa Depan Asnawi Mangkualam Bersama Pelatih Baru?

Keputusan mundur Gil-sik tentunya akan membawa perubahan di tubuh tim. Salah satu pertanyaan yang muncul: bagaimana nasib Asnawi Mangkualam?

Karier Asnawi di Korea Selatan bersama Ansan memang tak lepas dari peran Gil-sik. Tiba di Korsel pada Februari lalu, pemain jebolan PSM Makassar itu mendapatkan debut sebulan setelahnya pada laga melawan Busan iParl (4/3/2021).

Asnawi Mangkualam Ansan Greeners Kim GIl-sik - Twitter @KLeague
Twitter @KLeague

Di bawah asuhan Gil-sik, Asnawi menjadi salah satu pemain reguler di starting XI. Jika bukan karena cedera atau membela timnas Indonesia, Asnawi hampir selalu menjadi andalan di sektor kanan Ansan.

Total, dia sudah tampil 14 kali bersama Ansan, 13 di K League 2 dan 1 di Korean FA Cup. Selama 1.088 menit di atas lapangan, Asnawi sudah mencatat 1 assist dan bahkan nyaris mencetak gol jika penalti yang dieksekusinya ketika melawan Gimcheon Sagmu (24/7) tidak gagal.

Menariknya, kerja sama Gil-sik dan Asnawi yang dimulai pada laga melawan Busan iPark, juga berakhir setelah laga melawan tim yang sama. Setelah cuma imbang 1-1 lawan Busan pada 12 September lalu, Gil-sik akhirnya mundur.

Posisi Gil-sik sebagai pelatih kepala Ansan akan digantikan oleh asistennya, Min Dong-seong. Hal ini agaknya cukup menguntungkan Asnawi. Pasalnya, Dong-seong sudah menjabat sebagai asisten pelatih Ansan sejak 5 Februari lalu, hampir bersamaan saat Asnawi tiba.

Asnawi Mangkualam Pusing, Biaya Hidup di Korsel Ternyata Mahal
Facebook Ansan Greeners

Artinya, Dong-seong sudah cukup mengenal karakter bermain Asanwi. Selama 7 bulan terakhir, keduanya juga sudah melewati hari-hari bersama dalam latihan dan pertandingan Ansan.

“Ansan berencana melalui sisa musim 2021 dengan menunjuk Min Dong-seong sebagai pengganti (Kim Gil-sik),” bunyi pernyataan Ansan.

Akan tetapi, kerja sama Dong-seong dan Asnawi sebagai pelatih kepala dan pemain tak bisa langsung dimulai. Pasalnya, Asnawi masih harus menepi selama 2 pekan sejak mengalami cedera hamstring pada laga melawan Busan iPark.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img