Kim Hak-bum Bantah Pernah Dipinang Malaysia, Justru Merapat ke Singapura

Football5star.com Indonesia – Mantan pelatih timnas U-23 Korea Selatan, Kim Hak-bum, membantah pernah dipinang untuk melatih timnas Malaysia. Saat ini, dia justru kian dekat dengan timnas Singapura untuk menggantikan Tatsuya Yoshida.

Sebelumnya, Hak-bum bersama koleganya dari Korsel, Kim Pan-gon, muncul sebagai kandidat pelatih baru Malaysia. Akan tetapi, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pada akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Pan-gon dengan kontrak dua tahun.

Getty Images
- Advertisement -

Di sisi lain, Hak-bum justru menepis spekulasi soal ketertarikan Malaysia. Sejak awal, FAM tak pernah melakukan pendekatan terhadapnya, terlebih mengajukan proposal resmi untuk meminangnya.

“Saya tak pernah mendapat tawaran dari Malaysia. Itu tak berguna,” bilang Hak-bum, seperti dikutip Football5star dari salah satu media Korsel.

- Advertisement -

Keputusan FAM lebih memilih Pan-gon ketimbang Hak-gum terbilang cukup menarik. Pasalnya, karier Hak-gum lebih mentereng ketimbang Pan-gon dalam pengalamannya melatih tim nasional.

Isportskorea

Hak-bum sudah menunjukkan kelasnya sebagai pelatih hebat dengan mengantar timnas U-23 Korsel menjuarai Piala Asia U-23 dan merebut medali emas Asian Games 2018.

- Advertisement -

Sementara, Pan-gon, justru lebih sering berkutat dengan urusan administratif, termasuk menjabat wakil presiden KAF (Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan). Namun, FAM tentunya punya alasan kenapa lebih memilih Pan-gon ketimbang Hak-gum.

Jika Kim Hak-bum ke Singapura, Akan Ada 4 Pelatih Korsel Piala AFF 2022

Menariknya, Hak-gum saat ini justru semakin dekat untuk menangani timnas Singapura. Pelatih berusia 61 tahun tersebut digandang-gadang menjadi salah satu kandidat menggantikan Tatsuma Yoshida bersama dua nama lain, Luis Milla dan Stepen Constantine.

Kabar itu pun sudah mencuat dan diberitakan salah satu media kenamaan Singapura, The Straits Times. Hanya saja, agaknya Hak-bum menjadi kandidat terkuat. Seperti disebutkan salah satu media Vietnam, FAM memilih Pan-gon karena Hak-bum memang sudah lebih dekat ke Singapura.

instagram @fasingapore

“Malaysia tak memilih Kim Hak-bum, Singapura yang menginginkannya. Dia kemungkinan besar akan segera menjadi penerus Tatsuma Yoshida,” tulis salah satu media Vietnam.

Jika Hak-bum benar-benar merapat ke Singapura, pentas Piala AFF 2022 akan menjadi pemandangan menarik. Pasalnya, bakal ada empat pelatih asal Korsel yang bersaing di dalamnya: Park hang-seo (Vietnam), Shin Tae-yong (Indonesia), Kim Pan-gon (Malaysia), dan Kim Hak-bum (Singapura).

- Advertisement -