Kim Pan-gon: Piala Raja Ini Cuma Pemanasan Piala AFF 2022

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Malaysia gagal menjuarai Piala Raja Thailand ke-48. Minggu (25/9/2022), tim asuhan Kim Pan-gon kalah 0-3 lewat adu penalti dari timnas Tajikistan. Adu penalti harus dijalani oleh kedua tim setelah skor tetap imbang 0-0 dalam 90 menit.

Pada adu penalti, Harimau Malaya tampil jeblok. Tak seperti saat mengalahkan Thailand yang diwarnai kesempurnaan dari 4 eksekutor, kali ini 3 eksekutor justru gagal. Sepakan Dion Cools dan Muhammad Nazmi Faiz Mansor ditepis kiper Rustam Yatimov, sementara eksekusi Safawi Rasid menghantam mistar gawang.

Performa para pemain Malaysia dinilai Kim Pan-gon sudah cukup baik saat menghadapi Tajikistan.
Facebook FA Malaysia Official
- Advertisement -

Menyikapi hasil akhir yang diraih Cools cs., Pan-gon santai. “Kami sudah menduga pertandingan ini akan sulit karena kami menghadapi tim berperingkat lebih tinggi dan punya keunggulan fisik,” urai Kim Pan-gon selepas laga seperti dikutip Football5Star.com dari Harimau Malaya.

Hal yang menjadi perhatian utama pelatih asal Korsel itu adalah performa para pemain Harimau Malaya. “Meskipun demikian, para pemain menunjukkan performa dan mental bagus. Saya bangga melihat performa mereka,” kata dia. “Soal adu penalti, itu cerita berbeda karena siapa pun bisa menang atau kalah.”

Harapan Kim Pan-gon

- Advertisement -

Lebih lanjut, Kim Pan-gon mengingatkan, tujuan utama partisipasi di Piala Raja Thailand ke-48 ini adalah persiapan menuju Piala AFF 2022. Inilah kesempatan terakhir untuk menguji para pemain dan gaya main yang diusungnya di timnas Malaysia.

“Saya menantang semua pemain untuk menunjukkan kemampuan mereka menghadapi tim berperingkat ke-109 dan mereka sudah menunjukkan performa lumayan menarik,” ujar eks pelatih timnas Hong Kong itu mengenai target yang ditetapkan saat melawan Tajikistan.

Kekalahan Malaysia dari Tajikistan lewat adu penalti dianggap wajar oleh Kim Pan-gon.
Facebook FA Malaysia Official
- Advertisement -

Pelatih berumur 53 tahun itu pun lantas mengungkapkan sebuah harapan khusus bagi para pemain Harimau Malaya. Dia ingin mereka segera melupakan kekalahan itu dan menatap ke depan, yakni Piala AFF 2022. “Kami akan terus melangkah ke depan tanpa mengingat kekalahan malam ini,” ucap dia.

Pada fase grup Piala AFF 2022, timnas Malaysia tergabung bersama Vietnam, Singapura, Myanmar, dan Laos. Tim asuhan Kim Pan-gon akan menjamu Laos dan Singapura serta bertandang ke markas Vietnam dan Myanmar. Pada edisi sebelumnya, Harimau Malaya kandas pada fase grup.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img