Hasil Kolombia vs Peru: Dramatis, Los Cafeteros Pertahankan Tradisi

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Tradisi timnas Kolombia memenangi perebutan posisi ketiga pada ajang Copa America berlanjut. Di Stadion Mane Garrincha, Sabtu (10/7/2021) pagi WIB, Los Cafeteros menang atas timnas Peru. Laga Kolombia vs Peru berakhir 3-2. Kemenangan Los Cafeteros ditentukan oleh comeback pada babak kedua.

Hasil ini membuat Kolombia tetap sempurna saat menjalani perebutan posisi ketiga. Sebelumnya, Los Cafeteros juga meraih kemenangan pada Copa America 1987, 1993, 1995, dan 2016. Mereka berturut-turut mengalahkan Argentina, Ekuador, dan dua kali menaklukkan Amerika Serikat.

- Advertisement -

Laga perebutan tempat ketiga yang berlangsung di Stadion Mane Garrincha berlangsung seru dan seimbang. Sama-sama tampil terbuka, timnas Kolombia dan timnas Peru silih berganti melakukan serangan. Namun, kualitas umpan terakhir yang tak bagus jadi penyebab gol sangat sulit terjadi.

Dari kualitas peluang, Peru lebih baik dari Kolombia. Pada menit ke-28, Gianluca Lapadula mendapatkan bola di kotak penalti, tapi tendangannya masih melenceng tipis di samping tiang gawang Camilo Vargas. Sebelas menit kemudian, Sergio Pena berhasil melakukan tusukan ke kotak penalti. Namun, tendangannya melesat ke atas.

Kebuntuan akhirnya pecah pada pengujung laga babak pertama. Melalui skema serangan balik apik, La Blanquirroja melakukan tusukan ke jantung pertahanan. Umpan Christian Cueva mampu diterima dengan baik oleh Yoshimar Yotun yang lantas mengirimkan bola dengan tendangan kaki kirinya ke gawang Kolombia.

- Advertisement -

Gol Yotun tak terlepas dari pergerakan Lapadula. Posisi pemain berumur 31 tahun itu terbuka karena Lapadula mampu menarik perhatian dua pemain di jantung pertahanan Kolombia saat Cueva melepaskan umpan. Itu membuat Yotun yang datang dari lini kedua tak terkawal. Kedudukan Kolombia vs Peru pun berubah jadi 0-1.

Tusukan Cuadrado-Diaz

Memasuki babak kedua, Kolombia langsung menggebrak. Hasilnya, gol penyeimbang tercipta hanya empat menit setelah wasit Raphael Claus memulai pertandingan babak kedua. Juan Cuadrado, sayap kanan Los Cafeteros, mampu menjebol gawang Pedro Gallese melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Gol Cuadrado adalah buah dari kelalaian pemain Peru. Berawal dari Christian Cueva yang gagal menguasai bola dengan baik, Stefan Medina menusuk dan lantas dijatuhkan di luar kotak penalti. Cuadrado dengan sempurna mengeksekusi tendangan bebas. Bola melesat di antara Alexander Callens dan Lapadula, lalu masuk ke gawang.

Lima menit berselang, Cuadrado kembali menebar ancaman. Kali ini dengan umpan lambungnya ke kotak penalti. Bola datang tepat ke posisi Luis Diaz yang bebas. Namun, tendangan akrobatik pemain FC Porto itu masih mampu ditepis Gallese. Dia pun gagal mencetak gol spektakuler seperti saat Kolombia melawan Brasil.

Peru tersengat. Lapadula melakukan aksi apik pada menit ke-58. Menusuk dari sisi kanan, dia melepaskan tendangan menyilang dalam posisi dikawal Davinson Sanchez. Namun, gol urung terjadi karena bola hanya menghantam mistar gawang dan melesat ke luar lapangan.

Kolombia balik unggul pada menit ke-66 melalui skema serangan balik. Bola dari umpan jauh kiper Camilo Vargas dikejar Luis Diaz. Sayap kiri Los Cafeteros itu melakukan akselerasi, lalu melepaskan tendangan terarah ke tiang jauh tanpa mampu dijangkau Gallese.

Akan tetapi, keunggulan 2-1 tak dapat dipertahankan Kolombia hingga akhir pertandingan. Saat babak kedua tersisa delapan menit, Peru mampu mencetak gol penyeimbang. Gianluca Lapadula mampu menanduk bola dari sepak pojok yang dilakukan Raziel Garcia. Skor laga Kolombia vs Peru pun berubah jadi 2-2.

Toh, pada akhirnya timnas Kolombia yang berpesta saat injury time memasuki menit ke-4. Kerja sama apik Cuadrado, Luis Muriel, dan Luis Diaz berbuah gol ketiga. Menerima umpan tumit Muriel, Diaz menggiring bola, lalu melepaskan tendangan spekulasi dari jarak jauh. Tak dinyana, bola melesak mulus di gawang Peru yang dikawal Gallese.

Susunan Pemain Kolombia vs Peru

Kolombia (4-4-1-1): 12-Camilo Vargas, 2-Stefan Medina, 13-Yerry Mina (23-Davinson Sanchez 55), 3-Oscar Murillo, 6-William Tesillo, 11-Juan Cuadrado, 5-Wilmar Barrios (9-Luis Muriel 90), 8-Gustavo Cuellar (18-Rafael Borre 84), 14-Luis Diaz, 10-Edwin Cardona (28-Yimmi Chara 46), 7-Duvan Zapata (19-Miguel Angel Borja 55)
Pelatih: Reinaldo Rueda

Peru (4-2-3-1): 1-Pedro Gallese, 3-Aldo Corzo (26-Jhilmar Lora 79), 4-Anderson Santamaria, 22-Alexander Callens, 16-Marcos Lopez, 13-Renato Tapia (14-Wilder Cartagena 24), 19-Yoshimar Yotun, 8-Sergio Pena (20-Santiago Ormeno 78), 10-Christian Cueva (24-Raziel Garcia 69), 18-Andre Carrillo, 9-Gianluca Lapadula
Pelatih: Ricardo Gareca

K. Kuning: Cardona 45, Barrios 62 – Cueva 50, Carrillo 63
K. Merah:
Wasit: Raphael Claus

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img