Nostalgia Hari Ini: Saat Korea Utara Sulitkan Brasil di Piala Dunia

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Korea Utara memang tidak terlalu dipandang di dunia sepak bola. Di kawasan Asia saja mereka masih kalah kelas dibanding negara tetangga seperti Jepang, Cina, dan tentu saja Korea Selatan.

Di kancah dunia, Korea Utara baru dua kali merasakan Piala Dunia. Ajang pertama mereka rasakan 1966 silam di Inggris.

- Advertisement -

Kala itu capaian mereka terbilang memuaskan. Bahkan pada putaran pertama, Italia berhasil dikalahkan secara heroik dengan skor 1-0.

brasil vs korea utara wikimedia commons
Wikimedia Commons

Laju negara Asia Timur harus terhenti di perempat final dari tangan Portugal. Sampai sekarang itu jadi capaian terbaik mereka di Piala Dunia.

- Advertisement -

Setelah itu negara Komunis ini absen lama. Baru pada Piala Dunia 2010 mereka kembali. Dan di Afrika Selatan tim harus berada di grup maut bersama Brasil, Portugal, dan Pantai Gading di Grup G.

Laga pertama Korea Utara di Piala Dunia 2010 pun berlangsung tepat hari ini 11 tahun lalu. Di stadion Ellis Park, anak asuh Jo Tong-sop langsung berhadapan dengan Brasil.

Hanya Cetak 1 Gol di Piala Dunia 2010

- Advertisement -

Meski kalah segalanya, permainan spartan yang ditampilkan Chong Tese dkk benar-benar menyulitkan Brasil. Bermain dengan formasi lima bek, mereka sukses menahan Tim Samba hingga jeda.

Bukan hanya gol yang tidak bisa dibuat Kaka dkk. Tembakan ke gawang pun nyaris nihil. Selama 45 menit pertama hanya sontekan Maicon yang mengarah ke gawang dan mampu ditangkap Ri Myong-Guk.

Akan tetapi, pertahanan berlipat Korea Utara akhirnya tembus juga di babak kedua. Pelatih Brasil, Carlos Dunga mengubah skema permainan untuk menembus lini belakang lawan.

korea utara - piala dunia 2010
The Guardian

Laga berjalan 55 menit kebuntuan akhirnya pecah. Tusukan yang dilakukan Maicon di sisi kanan membawa Tim Samba unggul 1-0.

Setelah itu Elano Blumer menggandakan keunggulan 17 menit kemudian. Tapi Korea Utara tidak mau menyerah begitu saja.

Ketika laga menyisakan satu menit, Ji Yun-nam berhasil memperkecil ketinggalan. Dan itu jadi satu-satunya gol Korea Utara di Piala Dunia 2010.

Sayang, perlawanan ketat pasukan Jo Tong-sop hanya terjadi pada laga pertama. Karena setelah itu mereka dihantam 0-7 oleh Portugal dan menyerah tiga gol tanpa balas dari Pantai Gading.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img