Kroasia vs Brasil: Bayang-Bayang Deja Vu 4 Tahun Lalu

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Jelang laga Kroasia vs Brasil pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Jumat (9/12/2022), sangat pantas bila Vatreni ketar-ketir. Mereka akan berhadapan dengan Selecao, tim tersukses dalam sejarah Piala Dunia.

Hal yang membuat Vatreni kian ngeri, mereka tak punya rekor pertemuan bagus dengan Selecao. Pada 4 pertemuan sebelumnya, mereka tak pernah mampu meraih kemenangan. Mereka hanya imbang pada pertemuan pertama. Setelah itu, selalu kalah dalam 3 pertemuan berikutnya.

Laga Kroasia vs Brasil di perempat final Piala Dunia 2022 bak deja vu karena akan kembali diwasiti Michael Oliver.
Getty Images
- Advertisement -

Sudah begitu, khusus untuk pertemuan Kroasia vs Brasil di Stadion Education City, tim asuhan Zlatko Dalic dihantui bayang-bayang satu deja vu. Hal itu terjadi setelah FIFA pada Kamis (8/12/2022) mengumumkan Michael Oliver sebagai wasit yang akan memimpin laga nanti.

Oliver adalah wasit yang juga memimpin laga Kroasia vs Brasil pada kesempatan terakhir, tepatnya pada 3 Juni 2018 di Stadion Anfield. Salah satu asisten Oliver pun sama, yakni Stuart Burt. Perubahan hanya terjadi pada satu asisten wasit lainnya. Simon Bennett kini digantikan Gary Beswick.

Neymar mencetak gol pembuka pada laga Kroasia vs Brasil di Anfield pada 2018.
Getty Images

Kenangan Kroasia vs Brasil bagi 16 Pemain

- Advertisement -

Penunjukan Michael Oliver sebagai wasit untuk laga lawan Brasil jadi mimpi buruk bagi Kroasia karena laga di Anfield pada 2018 berakhir dengan kekalahan. Vatreni takluk 0-2 karena gawang Danijel Subasic dijebol Neymar dan Roberto Firmino. Kedua gol itu terjadi pada babak kedua. Gol Neymar pada menit ke-69, sedangkan gol Firmino dibuat pada menit ke-2 injury time.

Baru berlalu kurang dari 5 tahun, pertandingan itu tentu masih lekat di benak kedua pelatih, Zlatko Dalic dan Adenor Leonardo Bacchi “Tite”. Juga bagi sebagian besar pemain yang kali ini menghuni skuat kedua tim pada perhelatan Qatar 2022. Total ada 16 pemain yang masuk skuat Vatreni dan Selecao saat bertemu di Anfield.

Ivan Perisic dan Casemiro akan kembali berduel seperti pada 2018 di Anfield.
Getty Images
- Advertisement -

Di kubu Kroasia, ada tujuh pemain. Mereka adalah Andrej Kramaric, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Perisic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic. Mereka semua diturunkan Dalic pada pertandingan tersebut dengan hanya Brozovic dan Kovacic yang tak jadi starter. Perisic dan Kramaric mendapat kartu kuning dari Michael Oliver kala itu.

Sementara itu, di kubu Brasil ada 9 pemain. Mereka adalah Alisson Becker, Casemiro, Danilo, Ederson Moraes, Fred, Gabriel Jesus, Neymar, Marquinhos, dan Thiago Silva. Dari 9 pemain itu, hanya Ederson yang tak turun. Sisanya, dari 8 pemain lain, Marquinhos, Fred, dan Neymar bangkit dari bangku cadangan.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img