Latihan Ala Anatoli Polosin Tak Bisa Diterapkan di Timnas Indonesia Sekarang

BACA JUGA

Latihan Ala Anatoli Polosin Tak Bisa Diterapkan di Timnas Indonesia Sekarang 2

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Indonesia pernah dilatih bak militer pada era Anatoli Polosin tapi dianggap tak bisa diterapkan zaman sekarang. Hal itu karena dianggap sepak bola kini sudah memiliki banyak perkembangan.

Hal itu disuarakan oleh pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Dia menyebut kalau memang saat zaman Polosin para pemain Timnas Indonesia digembleng habis-habisan soal fisik. Bahkan latihannya disebut sepertu Kopassus untuk ambil baret merah.

- Advertisement -

“Jadi kita lari dari hotel ke gunung itu tujuh kilo. Dari bawah gunung lari sampai di atas finis. Dari finis kita lari lagi sampai ke start. Bisa dibayangin, sepatu kets dengan batu banyak,” cerita Aji Santoso soal Anatoli Polosin dikutip dari YouTube resmi Persebaya.

Aji Santoso bilang kalau memang hal itu bukan semata-mata untuk fisik pemain saja, tapi mental. “Memang mental kita kalau tak kiat pasti tak bisa sampai finis. Alhamdulillah latihan mental itu bisa sampai juara SEA Games 1991,” sambung dia.

Kendati begitu, Aji Santoso menyebut teknik latihan keras Anatoli Polosin tak bisa diterapkan dalam Timnas Indonesia saat ini. Sebab, saat ini sepak bola sudah berkembang pesat dan sudah memiliki banyak teknologi.

“Sekarang zamannya sudah berbenda. Gak bisa memang. Untuk latihan mental bisa kita ambil dari sisi lain. Sekarang cara berpikirnya berkemban pesat. Tak bisa lagi cara-cara Anatoli Polosin itu. Meskipun memang latihan mental sangat perlu,” pungkas sosok yang jua turut dalam skuat Timnas Indonesia yang raih medali emas di SEA Games 1991 itu.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img