Nostalgia Hari Ini: Legenda Norwegia Meninggal di Klub Masa Kecilnya

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Norwegia memang tidak pernah kehabisan talenta hebat. Saat ini saja mereka punya beberapa nama top nan belia seperti Erling Haaland, Martin odegaard, hingga Jens Petter Hauge

- Advertisement -

Sedangkan dulu negara Nordik punya nama-nama lain semisal John Arne Riise, Ole Gunnar Solskjaer, John Carew, Tore Andre Flo, serta Morten Gamst Pedersen.

Terlepas dari nama-nama mentereng di atas, Norwegia masih punya nama top lain. Dia adalah Roald Jensen. Dia langganan timnas era 60-an hingga 70-an.

norwegia
roald jensen
fotballnerd

Berposisi sebagai sayap kanan, Roald Jensen disebut-sebut sebagai pemain terbaik Norwegia pada masa itu. Dirinya bahkan dijuluki sebagai The Garricnha of the Nordics.

Julukan tersebut tidak berlebihan. Dia punya kecepatan dan olah bola di atas rata-rata. Namun, kariernya tidak secemerlang nama-nama di atas.

Jensen merupakan jebolan akademi Brann, klub kampung halamannya. Merasakan debut di tim utama sejak berusia 17 tahun 1960, ia bertahan selama tiga musim dan membawa klub juara Liga Norwegia dua kali.

Kehebatannya mengundang minat klub-klub mapan Eropa. Namun, hatinya justru memilih Skotlandia sebagai perantauan.

norwegia
roald jensen
theguardian.com

Uniknya, bukan Celtic maupun Rangers yang jadi kiblat kekuatan Liga Skotlandia yang jadi pilihan. Ia malah menerima pinangan Heart of Midlothian.

Kariernya memang mentereng bersama Heart. Tapi kehebatannya tidak mampu menyingkirkan duopoli Celtic dan Rangers di Liga Skotlandia.

Setelah enam tahun di Hearts, Roald Jensen pulang ke Norwegia. Masih jadi andalan tim nasional, ia memilih klub masa kecilnya lagi, Brann, untuk melanjutkan karier.

Sayang, pada era kedua Jensen terlibat perselisihan dengan pelatih. Merasa sudah cukup dengan karier panjangnya, ia pun memutuskan pensiun 1973 silam. Padahal usianya baru 30 tahun.

Roald Jensen Meninggal Saat Latihan

Kendati demikian, ia tidak pernah bisa keluar dari Brann. Ia masih terlibat dalam tim dengan mengemban berbagai peran.

Tidak hanya dengan klub, Roald Jensen juga tak mampu berjauhan dengan sepak bola. Saat usia menginjak 44 tahun dia masih rutin berlatih sepak bola dengan skuat Brann.

norwegia
roald jensen
arstadposten

Sayang, kejadian nahas terjadi tepat pada hari ini 34 tahun silam. Sedang berlatih rutin dengan tim, Jensen jatuh pingsan. Sesaat setelah dibawa ke rumah sakit, Jensen dinyatakan meninggal dunia pada usia 44 tahun.

Kehilangan pemain sekaliber Roald Jensen, Norwegia memberikan penghormatan tinggi. Federasi sepak bola mereka menganugerahi Knicksen Award, tiga tahun setelah kematiannya.

Kincksen Award merupakan penghargaan untuk para pemain terbaik Norwegia. Tidak sampai di situ, pada 1995 silam Brann mendirikan patung sang legenda di depan stadion mereka.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img