Liga 1 Belum Bergulir Lagi, Vietnam Malah Sudah Punya Juara Baru

BACA JUGA

gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Saat kompetisi Liga 1 Indonesia belum juga bergulir kembali, Liga Vietnam malah sudah memiliki juara baru. Sabtu (8/11/2020), Viettel FC menahbiskan diri sebagai juara V.League 1 berkat kemenangan 1-0 atas Sai Gon FC.

Tambahan 3 poin dari Sai Gon membuat tim asuhan Truong Viet Hoang mengumpulkan 41 poin. Mereka unggul 2 poin atas Hanoi FC, juara dalam dua musim terakhir, yang menang 4-0 atas Thanh Quang Ninh. Kesuksesan sebagai juara V.League 1 juga membawa Viettel lolos ke fase grup Liga Champions Asia tahun depan.

- Advertisement -

Kesuksesan Viettel pada musim ini tak terlepas dari performa apik pada putaran final yang melibatkan 8 tim. Bui Tien Dung cs. tak tertakalahkan dalam 7 laga. Mereka membukukan 6 kemenangan dan hanya sekali imbang. Hebatnya, mereka clean sheet dalam 6 laga terakhir.

Penantian Panjang di Liga Vietnam

Bagi Viettel, kesuksesan kali ini mengakhiri penantian panjang. Kali terakhir klub ini juara Liga Vietnam pada 1998-99 saat masih bernama The Cong. Secara total, klub yang didirikan oleh tentara itu sudah mengoleksi 19 gelar juara.

- Advertisement -

Akhir penantian panjang di Liga Vietnam itu jadi sorotan Direktur Umum Le Dang Dung. “Kesuksesan tim ini sangat penting,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari Zing News. “Tim ini telah dibina selama lebih dari satu dekade untuk meraih kesuksesan ini.”

Hal yang mengharukan, Viettel baru kembali berkiprah di V.League 1 pada musim lalu. Mereka sempat tiga musim berkutat di Divisi II Vietnam dan baru promosi setelah menjadi juara Divisi II pada 2018.

Truong Viet Hoang bangga bisa mengantar Viettel kembali juara setelah 22 tahun.
zing.vn
- Advertisement -

Sementara itu, Truong Viet Hoang terharu karena satu hal. Dia merupakan bagian dari tim The Cong saat juara Liga Vietnam pada 1998. “Masih sulit bagi saya menggambarkan perasaan saat ini. ketika berumur 23 tahun, saya juara sebagai pemain. Kini, kala berumur 45 tahun, saya juara sebagai pelatih,” ujar dia.

Lebih lanjut, pelatih Viettel itu mengungkapkan, “Saya kembali ke Viettel seperti layaknya seseorang kembali ke rumah. Inilah tempat saya mengukir nama. Ini jadi sebuah tanggung jawab sekaligus kehormatan.”

Keberhasilan merengkuh gelar juara Liga Vietnam tentu saja membuat Viettel FC mendapatkan hadiah besar. Bui Tien Dung dkk. meraih hadiah uang 3 miliar Dong (sekitar Rp1,8 miliar). Lalu, mereka juga mendapatkan bonus 1 miliar Dong dari Kementerian Pertahanan dan 5 miliar Dong dari manajemen klub. Selamat buat Viettel!

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img