Liga Italia Paling Subur di EURO 2020

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Sebanyak 142 gol tercipta pada pagelaran EURO 2020. Di antara semua gol tersebut, Liga Italia menjadi penyumbang terbanyak dengan total 37 gol.

- Advertisement -

Dalam turnamen terakbar antarnegara Eropa tahun ini, Liga Italia memang paling menyita perhatian. Tak sekadar dipicu keberhasilan timnas Italia menjadi juara, juga dalam hal pencetak gol.

Legenda Fiorentina: Timnas Italia Akan Terus Pancarkan Sinarnya
UEFA.com

Pemain asal Liga Italia menjadi pembuka sekaligus penutup gol-gol yang lahir selama gelaran kali ini. Gol pertama dicetak melalui bunuh diri bek Turki asal Juventus, Merih Demiral, ketika menghadapi Italia pada 11 Juni.

Sementara gol penutup dilesakkan juga oleh pemain asal Juventus, yakni Leonardo Bonucci, ketika menyamakan skor melawan Inggris pada laga final (11/7). Bahkan jika adu penalti dihitung, gol penutup pun dilesakkan pemain asal Juventus, Federico Bernardeschi.

Secara keseluruhan, jika tak termasuk bunuh diri, pemain asal Juventus menyumbang 12 gol. Cristiano Ronaldo menjadi yang terbanyak dengan 5 gol. Sementara, Inter Milan di urutan berikutnya dengan 8 gol dan Romelu Lukaku menyumbang 4 di antaranya.

Cristiano Ronaldo Portugal EURO 2020 Piala Eropa 1 - Twitter @EURO2020
Twitter @EURO2020

Total ada 37 gol yang diciptakan pemain-pemain dari Liga Italia, tersebar di antara 9 klub Serie A. Jumlah itu lebih banyak ketimbang kompetisi kasta teratas Liga Inggris, Premier League, dengan 30 gol, atau Liga Jerman 27 gol. Bahkan, pemain dari Liga Spanyol cuma mendulang 8 gol.

Selain Ronaldo (5 gol), Lukaku (4 gol) dan Alvaro Morata (3 gol), ada tujuh pemain Liga Italia lain yang mencetak lebih dari satu gol. Termasuk empat dari timnas Italia, yakni Federico Chiesa, Matteo Pessina, Manuel Locatelli, Ciro Immobile, dan Lorenzo Insigne.

Ragam 142 Gol pada EURO 2020

Di dalam laman resminya, UEFA juga menyajikan rincian gol-gol yang lahir selama pagelaran Piala Eropa tahun ini. Sebanyak 61 gol lahir menggunakan kaki kanan, 43 dengan kaki kiri, 27 sundulan, dan 11 lewat aksi bunuh diri.

Jumlah gol yang dicetak dari dalam area penalti, termasuk kotak lima meter, pun jauh lebih banyak ketibang gol jarak jauh. Ada 123 gol yang dietak dari dalam kotak penalti berbanding 19 dari luar area.

Hal menarik lain, jumlah gol yang dicetak langsung dari tendangan bebas terbilang minim pada pagelaran tahun ini. Hanya ada satu gol dari tendangan bebas, yakni yang dicetak pemain Denmark, Mikkel Damsgaard, ke gawang Inggris pada babak semifinal.

mikkel damsgaard-EURO2020
UEFA.com

Sementara itu, gol melalui eksekusi penalti (di luar adu penalti) ada 9 kali tercipta. Sisanya sebanyak 132 gol diciptakan melalui skema permainan terbuka.

Persentase keberhasilan gol penalti pun terbilang rendah. Pasalnya, ada 16 hadiah penalti yang diberikan wasit, cuma 9 yang berbuah gol, 5 diselamatkan kiper, dan 2 melenceng dari sasaran.

Inggris, meski berstatus finalis EURO 2020, ternyata produktivitas golnya tak lebih unggul dari tiga negara lain. Inggris dalam tujuh pertandingan total cuma mencetak 11 gol, di bawah Italia dan Spanyol yang sama-sama mengoleksi 13 gol, serta Denmark dengan 12 gol.

Tak ada negara yang gagal mencetak gol dalam turnamen tahun ini. Namun, ada tiga yang produtivitasnya paling minim, yakni Skotlandia, Turki, dan Finlandia, yang sama-sama mencetak sebiji gol.

Rincian Gol di EURO 2020 Berdasarkan Kompetisi

  • Liga Italia: 37 gol
  • Liga Inggris: 30 gol
  • Liga Jerman: 27 gol
  • Liga Spanyol: 8 gol
  • Liga Prancis: 7 gol
  • Lainnya: 33 gol

Rincian Gol di EURO 2020 Berdasarkan Klub di Liga Italia:

  • Juventus (12 gol): Ronaldo 5, Morata 3, Chiesa 2, Ramsey 1, Bonucci 1
  • Inter Milan (8 gol): Lukaku 4, Perisic 2, Skriniar 1, Barella 1
  • Atalanta (7 gol): Pessina 2, Maehle 2, Miranchuk 1, Gosens 1, Pasalic 1
  • Sassuolo (2 gol): Locatelli 2
  • Lazio (2 gol): Immobile 2
  • Napoli (2 gol): Insigne 2
  • Sampdoria (2 gol): Damsgaard 2
  • Genoa (1 gol): Pandev 1
  • Torino (1 gol): Linetty 1

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img