Liga Prancis Terdepak dari Lima Besar Peringkat Koefisien UEFA

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Di sepak bola Eropa, ada istilah top 5 leagues, yaitu lima liga terbesar di benua Eropa, Inggris, Spanyol, Jerman, Italia dan Prancis. Namun dalam peringkat koefisien UEFA per tanggal 26 Agustus 2021, Liga Prancis harus kehilangan posisinya.

Liga Prancis Ligue 1 turun ke posisi 6 koefisien UEFA dan disalip oleh Liga Portugal. Koefisien UEFA dihitung berdasarkan performa klub selama 5 tahun terakhir di kompetisi Eropa.

- Advertisement -

Berdasarkan laman resmi UEFA, Liga Portugal kini mendapatkan 44.216 poin dan Liga Prancis 43.581 poin.

Liga Prancis Terdepak dari Lima Besar Peringkat Koefisien UEFA

Yang membuat Liga Portugal berhasil menyalip Liga Prancis karena hasil di babak playoff Liga Champions. Benfica berhasil mengalahkan PSV Eindhoven pada Rabu (25/8/21) dan lolos ke babak grup, peringkat sebenarnya sudah berubah pada hari itu.

Namun, Prancis bisa menyalip kembali pada Kamis (26/8/21) jika AS Monaco menang melawah Shakhtar Donetsk. Namun, pasukan Niko Kovac disingkirkan oleh tim asuhan Roberto De Zerbi dan gagal lolos ke Liga Champions.

Lalu Bagaimana Nasib Liga Prancis?

Liga Prancis Terdepak dari Lima Besar Peringkat Koefisien UEFA
DraftKings Nation

Tentu, koefisien UEFA akan berpengaruh terhadap jatah tim yang akan lolos ke kompetisi Eropa. Namun, koefisien baru akan dihitung pada akhir musim, jadi klub-klub Prancis masih punya kesempatan besar untuk mengantarkan liganya masuk ke 5 besar sebelum musim berakhir.

Tapi jika seandainya, Liga Prancis masih berada di posisi ke-6 pada akhir musim, tak terlalu banyak perubahan dalam hal jatah klub yang akan dikirim ke kompetisi Eropa.

Baik peringkat ke-5 dan ke-6 sama-sama mendapatkan jatah 6 klub, 3 diantaranya ke Liga Champions. Tapi yang membedakan, peringkat ke-5 mendapatkan jatah 2 klub ke Liga Europa dan 1 klub ke Conference League, dan peringkat ke-6 sebaliknya, 1 klub ke Liga Europa dan 2 klub ke Conference League.

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img