5 Pemain Pemilik Nomor Punggung 30 di PSG Sebelum Lionel Messi

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – Lionel Messi resmi rekrutan anyar Paris Saint Germain (PSG). Di PSG, Lionel Messi dikontrak selama dua tahun.

“Paris Saint-Germain dengan senang hati mengumumkan penandatanganan Leo Messi dengan kontrak dua tahun dengan opsi tahun ketiga,” tulis PSG di laman resmi klub, Rabu (11/8/2021).

Lionel Messi - Paris Saint-Germain - @psg_inside
- Advertisement -

“Pemenang Ballon d’Or enam kali itu pantas dianggap sebagai legenda permainan dan inspirasi sejati bagi mereka dari segala usia, baik di dalam dan di luar sepak bola,”

Datang ke PSG, Messi tak bisa menggunakan nomor punggung 10 yang selama ini identik dengan dirinya. Kabarnya Messi menolak mendapat nomor punggung 10 yang menjadi miliki sahabatnya, Neymar. Messi pun mendapat nomor punggung 30, nomor yang pertama kali ia kenakan saat awal bermain di Barcelona.

- Advertisement -

Menariknya seperti dikutip Football5star.com dari data Transfermarkt, nomor punggung 30 di PSG selama ini mayoritas digunakan oleh penjaga gawang. Dari 12 pemilik nomor 30 di PSG, 11 orang berposisi sebagai kiper.

Berikut rekam jejak 5 pemain pemilik nomor punggung 30 di PSG sebelum Lionel Messi:

Laurent Quiévreux

- Advertisement -

Pemain pertama yang kenakan nomor punggung 30 di PSG adalah kiper Laurent Quiévreux. Ia menggunakan nomor punggung 30 di musim 1998-99. Saat itu PSG dilatih oleh Alain Giresse dan Quiévreux menjadi kiper pilihan ketiga dibelakang Bernard Lama dan Dominique Casagrande.

5 Pemain Pemilik Nomor Punggung 30 di PSG Sebelum Lionel Messi

Pada musim pertamanya bergabung ke PSG, Quiévreux tak mendapat kesempatan bermain dari Giresse. Musim berikutnya, ia kembali menggunakan nomor punggung 30 dan tetap berstatus kiper pilihan ketiga.

Dua musim di PSG tanpa sekalipun tampil, Quiévreux memutuskan pindah ke klub kecil Prancis, FC Istres. Di klub ini, Quiévreux mendapat kesempatan untuk lebih banyak tampil. Tiga musim ini bermain di Istres dan melakoni 101 kali penampilan. Pada 2010, Quiévreux pensiun di klub AC Ajaccio.

Stéphane Gillet

Selanjutnya ada kiper asal Luxembourg, Stéphane Gillet. Nama belakangnya sama dengan kiper legenda Belgia, Jean-François Gillet, meksi keduanya tak memiliki hubungan darah.

5 Pemain Pemilik Nomor Punggung 30 di PSG Sebelum Lionel Messi

Gillet mengawali kariernya di FC Marisa Mersch. Ia kemudian bergabung ke klub besar Belgia, Standard Liège pada 1995. Setahun kemudian, Jean-François Gillet juga bergabung ke Liege. Di Liege, Gillet tak mendapat kesempatan bermain dan ia pada 1999 pindah ke klub Jerman, SV Elversberg.

Penampilannya di SV Elversberg menarik perhatian PSG yang pada 2001 dilatih oleh Luis Fernandez. Gillet di-plot menjadi kiper ketiga dibelakang Lionel Letizi dan Jerome Alonzo. Ia tampil satu kali bersama PSG di Liga Europa. Gillet diturunkan di leg kedua babak penyisihan Liga Europa 2001 saat lawan Rapid Vienna.

Salvatore Sirigu

Kiper asal Italia, Salvatore Sirigu juga menggunakan nomor punggung 30 di PSG. Sirigu pertama kali gunakan nomor punggung 30 di musim 2011-12. Ia langsung menjadi kiper utama di PSG yang kala itu dilatih Antoine Kombouaré.

salvatore sirigu psg tsn
tsn.ca

Sirigu menjalani karier di PSG selama empat musim dan baru kehilangan tempat utama setelah kedatangan Kevin Trapp. Di penghujung kariernya, Sirigu mendapat perlakuan kurang mengenakkan dari manajemen PSG. Ia diminta untuk hengkang dari PSG meski dirinya berkenginan untuk bertahan.

Ia bahkan menyebut dirinya diperlakukan seperti anak kecil oleh manajemen PSG. “Kemudian semua menjadi tidak jelas, lalu saya menghubungi agen dan mengatakan ingin pindah serta tidak perlu diskusi lebih lanjut. Saya diperlakukan seperti anak kecil yang disuruh pergi,” kata kiper yang berkarier cukup sukses di Palermo.

Timothy Weah

Timothy Weah menjadi satu-satunya pemain non kiper di PSG yang pernah menggunakan nomor punggung 30. Putra dari legenda AC Milan, George Weah ini pertama menggunakan nomor 30 pada musim 2018-19. Namun kemudian nomor ini diberikan Weah kepada Kevin Trapp.

Timothy Weah - Paris Saint-Germain - Liga Prancis - Football5star

Timothy adalah produk aseli akademi PSG. Ia mulia bergabung ke akademi PSG pada 2014. Tiga tahun di akademi, Timothy naik ke tim PSG B dan melakoni 15 pertandingan serta mencetak 4 gol. Timothy kemudian dipercaya melakoni debut di tim utama pada musim 2018-19.

3 Maret 2018, Timothy diturunkan oleh Thomas Tuchel di laga melawan Troyes sebagai pemain pengganti. Di pekan terakhir 2018-19, Tuchel menurunkan Timothy sejak menit awal di laga melawan SM Caen yang berahkir imbang tanpa gol. Total Timothy melakoni 5 pertandingan di tim utama PSG dan saat ini ia berstatus pemain Lille.

Kevin Trapp

Terakhir ada kiper asal Jerman, Kevin Trapp. Eks kiper Eintracht Frankfurt itu datang ke PSg pada musim 2015. Trapp hanya semusim menggunakan nomor punggung 30 di PSG yakni di musim 2018-19. Ia menjadi pemain yang menggusur posisi Salvatore Sirigu sebagai kiper utama.

Kevin Trapp tahu persis cara Eintracht Frankfurt menaklukkan Bayern Munich pada semifinal DFB Pokal.

Trapp juga sempat membuat Gianluigi Buffon menggunakan nomor punggung 30 di awal kedatangannya. Buffon menggunakan nomor punggung 30 saat PSG menjalani laga pramusim, International Champions Cup melawan Bayern Munich.

Empat musim gabung di PSG, Trapp melakoni 63 penampilan. Di musim 2018, ia terpaksa menjadi pemain pinjaman di Frankfurt. Setahun kemudian, ia dilepas permanen ke klub lamanya tersebut karena kalah bersaing.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img