Liverpool vs Atletico: Oblak dan Llorente Singkirkan Juara Bertahan

BACA JUGA

Banner LFS Baru

Football5star.com, Indonesia – Liverpool harus menerima nasib tersingkir dari Liga Champions. Menjamu Atletico Madrid di Anfield, Kamis (12/3/2020) dinihari WIB mereka kalah 2-3.  Hasil ini membuat sang juara bertahan tersingkir karena telah mengantongi kekalahan 0-1 dari Jan Oblak dan kolega di leg pertama.

Butuh kemenangan untuk mengejar defisit satu gol membuat Liverpool langsung mengurung pertahanan Atletico Madrid. Tapi upaya ini tidak mudah karena tim tamu selama ini dikenal punya pertahanan yang kokoh.

- Advertisement -

Walau begitu, justru Atletico yang mampu mengancam gawang The Reds terlebih dulu. Tapi tendangan Diego Costa di menit pertama masih melenceng dari gawang.

liverpool vs atletico madrid
@ChampionsLeague

Setelah itu pertandingan praktis menjadi milik tuan rumah. Untuk membongkar pertahanan rapat Los Rojiblancos, anak asuh Juergen Klopp lebih sering memainkan bola-bola panjang dan umpan lambung.

- Advertisement -

Dengan cara ini, mereka membutuhkan waktu selama 43 menit untuk merobek jala tim tamu. Umpan matang Trent Alexander-Arnold berhasil disambut Giorginio Wijnaldum dengan sundulan. Gol ini sekaligus jadi gol satu-satunya yang tercipta pada babak pertama.

Babak kedua, The Reds tetap mempertahankan tempo pertandingan. Tapi beberapa peluang yang mereka dapat kerap menemui kegagalan berkat apiknya performa Jan Oblak di bawah mistar gawang.

- Advertisement -

Dalam kurun waktu lima menit kiper Atletico Madrid membuat dua penyelamatan gemilang. Yaitu ketika menahan tendangan first time Sadio Mane dan sontekan jarak jauh Alex Oxlade Chamberlain.

Gempuran anak asuh Juergen Klopp terus berlanjut sepanjang laga. Tapi peluang-peluang yang harusnya bisa menjadi gol seperti tendangan keras Trent Alexander Arnold maupun Adny Robertson justru tidak membuahkan hasil. Adalah Jan Oblak yang jadi mimpi buruk para pemain tuan rumah sepanjang pertandingan.

Situasi ini kemudian membuat laga harus berlanjut ke babak tambahan.  Pada babak inilah tembok kokoh bernama Oblak runtuh. Digempur secara terus menerus, kiper asal Slovenia akhirnya tak kuasa menahan tendangan Roberto Firmino.

Posisi sang kiper yang sudah terjatuh memudahkan Firmino untuk menceploskan bola ke gawang yang kosong. Bagi sang bomber, ini adalah gol perdananya di Anfield sepanjang musim ini.

Akan tetapi gol tersebut tidak bertahan lama. Atletico berhasil memperkecil ketinggalan. Berawal dari kesalahan Adrian, Marcos Llorente berhasil meneploskan bola ke sudut kiri gawang Liverpool.

marcos llorente-liverpool vs atletico
@ChampionsLeague

Gol ini membuat tim tamu makin percaya diri. Terbukti Marcos Llorente jadi mimpi buruk kedua publik Anfield setelah Oblak. Ia berhasil menyamakan kedudukan sebelum 15 menit pertama berakhir.

Mental sang juara bertahan pun runtuh pada 15 menit kedua. Perubahan yang dilakukan Juergen Klopp dengan menurunkan Fabinho dan Divock Origi pun tak membuahkan hasil. Justru mereka tertinggal di penghujung laga setelah Alvaro Morata membalikkan keadaan menjadi 2-3.

Dengan hasil ini Liverpool yang merupakan juara bertahan harus tersingkir. Mereka kalah agregat 2-4 dari Atletico Madrid.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): 13-Adrian; 26-Andy Robertson, 4-Virgil van Dijk, 12-Joe Gomez, 66-Trent Alexander-Arnold; 14-Jordan Henderson (Fabinho 106’), 5-Giorginio Wijnaldum (Divock Origi 106’), 15-Alex Oxlade Chamberlain (James Milner 52’); 10-Sadio Mane, 9-Roberto Firmino, 11-Mohamed Salah

Pelatih: Juergen Klopp

Atletico Madrid (4-4-2): 13-Jan Oblak; 23-Kieran Trippier (Sime Vrsaljko 91’), 15-Stefan Savic, 18-Felipe, 12-Renan Lodi; 8-Saul Niguez, 5-Thomas Partey, 6-Koke, 10-Angel Correa (Jose Gimenez 106’); 19-Diego Costa (Marcos Llorente 56’), 7-Joao Felix (Alvaro Morata 103’)

Pelatih: Diego Simeone

[better-ads type=’banner’ banner=’156436′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img