Lothar Matthaeus: Siapa yang Ajari Jude Bellingham Bicara Hal Itu?

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Lothar Matthaeus, eks kapten timnas Jerman, akhirnya ikut angkat bicara soal pernyataan kontroversial Jude Bellingham. Dia tak mau menyudutkan pemain Borussia Dortmund itu. Namun, di sisi lain, dia juga heran terhadap materi pernyataan sang pemain.

Setelah Dortmund kalah 2-3 dari Bayern Munich, Bellingham menyudutkan wasit Felix Zwayer. “Ketika seorang wasit yang pernah terlibat pengaturan skor ditugasi memimpin pertandingan terbesar di Jerman, apa yang Anda harapkan?” ucap dia seperti dikutip Football5Star.com dari Sportbuzzer.

Lothar Matthaeus menilai wajar reaksi emosional Jude Bellingham setelah laga Der Klassiker
Getty Images
- Advertisement -

Matthaeus mengaku terkejut oleh pengetahuan Bellingham soal Zwayer. Padahal, kasusnya terjadi 15 tahun silam. Dia curiga ada yang mengajari atau menyuruh sang pemain berbicara seperti itu. Apalagi, DFB baru mengumumkan wasit pada hari pertandingan.

“Saya bertanya-tanya bagaimana seorang pemain Inggris berumur 18 tahun begitu paham masa lalu Zwayer? Siapa yang memberikan materi ini sebelum wawancara?” ujar Lothar Matthaeus mengungkapkan keheranannya dalam kolomnya di Sky Sports Jerman.

Lothar Matthaeus Kecewa kepada Zwayer

- Advertisement -

Meskipun demikian, Lothar Matthaeus menilai pernyataan Jude Bellingham tak perlu ditanggapi berlebihan dan dibesar-besarkan. Menurut dia, itu hanyalah emosi sesaat setelah pertandingan yang sangat lumrah dialami pemain yang kalah dalam pertandingan penting.

“Ucapan Bellingham memang tak pada tempatnya. Hari ini, dia mungkin tak akan bicara seperti itu. Namun, saya bisa memahami kemarahan dan frustrasinya setelah laga. Hal serupa pernah saya alami di Karlsruhe. Adrenalin dan emosi sangat sulit dikendalikan ketika kalah dalam partai penting karena putusan kontroversial,” urai Matthaeus.

Lothar Matthaeus kecewa Felix Zwayer tak menyampaikan soal offside sebelum duel Lucas Hernandez dengan Marco Reus.
Getty Images
- Advertisement -

Pria berumur 60 tahun itu pun lantas mengungkapkan kekecewaan terhadap Zwayer. Menurut dia, perdebatan soal insiden pada laga Der Klassiker dan pernyataan Bellingham tak akan berlarut-larut andai sang wasit sejak awal menjelaskan tentang offside sebelum insiden Lucas Hernandez dengan Marco Reus.

“Pihak wasit belakangan mengatakan, insiden Hernandez vs Reus tak akan berbuah penalti karena VAR mengndikasi ada offside sebelumnya. Masalahnya, mengapa hal ini tak diungkapkan Zwayer di mikrofon Sky setelah pertandingan? Penjelasannya soal duel tubuh bagian atas tidaklah meyakinkan,” kata Matthaeus lagi.

Bagi Lothar Matthaeus, penjelasan yang kemudian diberikan Jochen Drees, Ketua VAR DFB, soal offside bisa mencegah polemik berlarut-larut tentang insiden Hernandez vs Reus. Hal itu juga secara otomatis akan membuat orang tak berlebihan membahas pernyataan Jude Bellingham tentang Zwayer.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img