Man. City Juara, Pep Guardiola Ukir Rekor

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Manchester City menjuarai Piala Super Eropa 2023 setelah menang adu penalti 5-4 atas Sevilla, Kamis (17/8/2023). Hasil itu juga jadi torehan istimewa bagi Pep Guardiola, sang manajer.

Kesuksesan membawa Man. City menaklukkan Sevilla pada kesempatan kali ini membuat Guardiola menorehkan satu rekor. Dia jadi pelatih pertama yang menjuarai Piala Super Eropa bersama 3 klub berbeda.

- Advertisement -
Pep Guardiola saat menjuarai Piala Super Eropa 2013 bersama Bayern Munich.
Getty Images

Sebelumnya, Guardiola dua kali membawa Barcelona juara. Pada 2009, El Barca menang 1-0 atas Shakhtar Donetsk lewat perpanjangan waktu. Lalu, pada 2011, giliran FC Porto yang dihajar 2-0.

Satu gelar juara lainnya direngkuh Guardiola bersama Bayern Munich pada 2013. Die Roten menang adu penalti 5-4 setelah imbang 2-2 selama 120 menit dengan Chelsea. Itu jadi awalan kiprah Guardiola bersama Die Roten.

- Advertisement -

Pep Guardiola Samai Carlo Ancelotti

Di samping menorehkan rekor sebagai pelatih pertama yang menjuarai Piala Super Eropa bersama 3 klub berbeda, Pep Guardiola juga menyamai dua rekor Carlo Ancelotti. Keduanya soal koleksi gelar di ajang ini.

Secara total, Guardiola kini mengoleksi 5 gelar juara sebagai pelatih dan pemain. Sebagai pemain, dia meraihnya pada 1992 bersama Barcelona. Koleksi 5 gelar itu sama dengan yang dimiliki Ancelotti.

- Advertisement -
Carlo Ancelotti adalah pelatih pertama yang 4 kali juara Piala Super Eropa.
Getty Images

Saat menjadi pemain, Ancelotti juga hanya sekali menjuarai Piala Super Eropa, yakni bersama AC Milan pada 1990. Adapun sebagai pelatih, dia meraihnya bersama Milan pada 2003 dan 2007 serta Real Madrid pada 2014 dan 2022.

Khusus koleksi gelar sebagai pelatih, Guardiola dan Ancelotti jadi yang tersukses di ajang ini. Mereka unggul atas 6 pelatih lain yang sama-sama mengoleksi 2 gelar. Di antara mereka adalah Zinedine Zidane, Sir Alex Ferguson, dan Louis van Gaal.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img