Manuel Neuer Jelaskan Kampanye HAM Para Pemain Timnas Jerman

BACA JUGA

gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Para pemain timnas Jerman melanjutkan aksi kampanye penegakan HAM pada pentas Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat melawat ke markas Rumania, Manuel Neuer cs. mengenakan jersey terbalik dengan bagian nama dan nomor ada di depan. Hal itu dilakukan saat sesi foto tim.

Sebelumnya, Neuer dkk. membuat sensasi saat menjalani matchday I Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjamu Islandia. Saat foto tim, sebelas pemain Jerman berbaris dan menunjukkan kata “Human Rights”. Tim lain yang juga melakukan hal serupa adalah timnas Norwegia.

- Advertisement -

Berbeda dengan saat melawan Islandia, timnas Jerman lebih kompak kala melawan Rumania, Seperti para pemain yang ada di starting XI, para pemain cadangan di tribune stadion juga mengenakan jersey secara terbalik. Lalu, akun Twitter Die Mannschaft juga mencuit “Kami untuk 30!”

Cuitan itu mengindikasikan bahwa Neuer cs. mendukung penuh Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia yang diadopsi PBB pada 10 Desember 1948. Deklarasi itu memuat 30 pasal.

Aksi kampanye penegakan HAM itu, menurut Neuer, murni berasal dari para pemain. “Ide ini sangat jelas berasal dari dalam tim. Kami mendukung fair play bukan hanya di lapangan, melainkan juga di luar lapangan. Kami mendukung 30 pasal. Kami mendukung toleransi, keberagaman, dan melawan diskriminasi. Inilah wajah tim kami,” kata dia kepada RTL seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Aksi Neuer cs. Didukung Hoeness

Penjelasan Manuel Neuer itu sekaligus menepis dugaan aksi kampanye penegakan HAM hanyalah aksi kehumasan dari DFB. Hal itu mencuat setelah akun Twitter DFB mengungkap di balik layar persiapan aksi tersebut.

Terlepas dari kontroversi menyangkut DFB, aksi Neuer dkk. itu mendapatkan apresiasi tinggi dari Uli Hoeness yang kini jadi komentator di salah satu stasiun televisi. Dia menilai aksi itu sangat indah.

“Saya kira sangat benar para pemain secara fundamental berkomitmen terhadap HAM. Di Jerman, ini selalu dikaitkan dengan Qatar. Padahal, permasalahn HAM juga terjadi di belahan-belahan lain dunia. Itu sebabnya, saya pikir kampanye ini indah,” kata Uli Hoeness.

Lalu, apakah aksi itu akan diteruskan oleh Manuel Neuer cs. saat menjamu Makedonia Utara, Kamis (1/4/2021) dini hari nanti? Bila iya, kira-kira apa yang akan mereka lakukan kali ini? Kiranya ini patut kita nantikan bersama.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img