5 Catatan Menarik Pertemuan ke-101 Marseille vs PSG

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Marseille vs PSG menjadi salah satu big match akhir pekan ini. Laga Marseille vs PSG akan berlangsung, Minggu (24/10/2021) atau Senin dinihari WIB.

- Advertisement -

PSG memiliki modal bagus setelah meraih kemenangan 3-2 atas RB Leipizig di Liga Champions. Sedangkan Marseille hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Lazio di Liga Europa.

PSG vs RB Leipzig - Liga Champions - Lionel Messi - uefa. com 2
uefa.com

Musim 2021-22 menjadi pertemuan ke-101 antara kedua tim. Partai dengan tajuk Le Classique awalnya dianggap sebagai pertandingan biasa saja. Pertemuan pertama Marseille vs PSG terjadi pada 12 Desember 1971.

Bermain di Stade Vélodrome, Les Phocéens berhasil mengalahkan Les Parisiens dengan skor cukup telak 4-2. Pada musim-musim berikutnya, laga kedua tim pun masih dianggap sebagai pertandingan biasa saja oleh publik sepak bola Prancis.

Marseille vs PSG, 5 Fakta Menarik Pertemuan ke-101

Kedatangan Canal + di PSG

Awal persaingan kedua tim bermula di periode 1990-an. Empat tahun sebelumnya, penguasa kelahiran Paris, Bernard Tapie menguasai Marseille. Kedatangan Tapie membuat Marseille menjelma jadi klub yang mendominasi kompetisi lokal Prancis.

Marseille mampu meraih empat gelar berturut-turut di rentang waktu 1989 hingga 1992. Les Phocéens seolah tak memiliki lawan sepadan saat itu. Hingga tiba di 1991, perusahaan televisi terbesar Prancis, Canal + resmi menguasai PSG. Di sinilah persaingan antara kedua tim dimulai.

5 Catatan Menarik Pertemuan ke-101, Marseille vs PSG

Persaingan kedua tim pada 1991 juga bersamaan dengan menurunnya pesaing utama Marseille, Bordeaux. Kedatangan Canal + di PSG mengubah peta sepak bola Prancis dan cara pandang suporter di sana. Pertemuan Marseille vs PSG semenjak saat itu selalu diwarnai dengan bumbu-bumbu kontroversi, persaingan antara Selatan vs Utara Prancis.

Ratusan Orang Ditahan

Sejak 1990-an, rivalitas kedua klub tumbuh dan bahkan menyebar hingga ke luar lapangan. Saat laga kedua tim akan berlangsung, aparat kepolisian Prancis harus siaga 1 untuk mengantisipasi bentrokan antara suporter.

Dikutip Football5star.com dari le-classico.com, Jumat (22/10/201), sejak 1995, aparat kepolisian Prancis setidaknya telah melakukan penangkapan lebih dari 400 orang dari suporter kedua tim.

Marseille vs PSG
eurosport

“Dan ada banyak yang cedera dari suporter kedua tim. Angka yang menonjol ini menimbulkan gairah, terkadang perasaan ekstrem yang melingkupi pertandingan kedua tim,” tulis media Prancis tersebut.

Psy-war akan selalu dimunculkan suporter kedua tim di setiap kesempatan. Pada periode 2006, suporter kedua tim selalu membentangkan spanduk provokasi. Salah satu kasus yang paling mencolok terjadi pada 2006 saat suporter PSG membentangkan spanduk anti OM di selatan Stadion Velodrome.

Kemenangan Sama di Ligue 1

Sepanjang sejarahnya, laga Marseille vs PSG di Ligue 1 telah terjadi sebanyak 83 pertandingan. Yang menarik, dari 83 laga tersebut, kedua tim sama-sama menorehkan catatan kemenangan yang sama yakni 32 kali.

Sedangkan jika menilik dari catatan keseluruhan, PSG meraih 46 kemenangan di semua kompetisi, OM dengan 34 kemenangan. Dari 100 laga sebelumnya, PSG tercatat menorehkan 143 gol sedangkan OM hanya mampu torehkan 118 gol.

Lionel Messi dan Kylian Mbappe hampir berkolaborasi di Barcelona pada masa Josep Maria Bartomeu.
psgtalk.com

Rata-rata gol per pertandingan di Le Classique ialah 2,6 gol. Laga dengan selisih gol terbesar antara kedua tim berlangsung pada 27 Oktober 2019, saat itu PSG menang telak 4-0. Sebelumnya pada 26 Februari 2017, PSG juga membantai OM dengan skor 5-1 di Stadion Velodrome.

Sedangkan OM terakhir menang besar atas PSG terjadi pada 28 November 1986. Saat itu OM meraih kemenangan 4-0 atas PSG di Stadion Velodrome.

Rekor Kartu dan Penonton Terbanyak

Seperti laga-laga klasik antara kedua tim besar di kompetisi lain, partai Marseille vs PSG juga catatatkan laga sengit nan keras. Pada musim 2020-21, partai kedua tim menghasilkan 12 kartu kuning dan 5 kartu merah.

Ini menjadi rekor tertinggi setelah sebelumnya di musim 2002-03, tercatat 11 kartu kuning dan 2 kartu merah saat OM melawan PSG di Parc des Princes.

Marseille vs PSG 2002 03

Sedangkan untuk rasio kehadiran tertinggu penonton di laga kedua tim tercatat pada 26 Februari 2017. Saat itu ada 65.252 yang memadati Stadion Velodrome. Sedangkan penonton tertinggi siaran TV tercatat pada musim 2005-06.

Pertemuan kedua tim di final Coupe de France 2005-2006 tercatat ditonton 10,76 penonton di layar kaca.

Pencetak Gol, Caps dan Pelatih Terbanyak

Siapa pencetak gol terbanyak di laga Marseille vs PSG? Dari kubu PSG ada nama Zlatan Ibrahimovic dengan 11 gol. Sedangkan dari kubu OM ada nama Hervé Florès dengan koleksi 5 gol saja.

Sedangkan untuk pemain denga caps terbanyak di Le Classique tercatat atas nama Steve Mandanda dengan melakoni 27 laga bersama OM. Sedangkan dari kubu PSG ada nama Sylvain Armand yang bermain sebanyak 18 laga Le Classique di rentang waktu 2004 hingga 2013.

Zlatan Ibrahimovic menyebut penampilan AC Milan di markas FC Porto adalah yang terburuk pada fase grup Liga Champions.
Getty Images

Terakhir pelatih yang paling sering menjalani Le Classique ialah Luis Fernandez dari PSG dengan 8 pertandingan. Dari 8 laga ini, Luis Fernandez meraih 6 kemenangan, 1 imbang dan 2 kali kalah.

Sedangkan dari kubu OM ada nama Jules Zvunka yang menjalani 9 laga Le Classique. Ia meraih 4 kemenangan, 2 imbang dan 3 kali kalah.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img